Pemkab Kapuas beri bantuan bagi warga terdampak kebakaran

id Pemkab Kapuas,korban kebakaran,BPBD Kapuas,Kalteng,Kapuas,Kuala Kapuas

Pemkab Kapuas beri bantuan bagi warga terdampak kebakaran

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, menyerahkan bantuan untuk korban terdampak kebakaran di jalan Pemuda Kuala Kapuas, Jumat (7/7). ANTARA/HO-BPBD Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah memberikan bantuan kepada warga yang beberapa waktu lalu terdampak musibah kebakaran barak 10 pintu dan satu unit rumah di Jalan Pemuda.

"Mudah-mudahan sejumlah bantuan ini dapat bermanfaat dan membantu warga yang terkena musibah kebakaran," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga usai penyerahan bantuan didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas, Ahmad M Saribi di Kuala Kapuas, Jumat.

Adapun bantuan yang diserahkan, kata Panahatan, berupa matras, selimut, paket sembako serta uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas senilai Rp3 juta untuk Kepala Keluarga (KK) yang terdampak musibah kebakaran tersebut.

Baca juga: Kebakaran di Kapuas hanguskan barak 10 pintu

Panahatan kembali mengimbau serta mengingatkan, kepada masyarakat di daerah setempat, untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran yang kapan saja bisa terjadi.

Warga diminta untuk memperhatikan hal-hal pemicu kebakaran, seperti api kompor, lilin, obat nyamuk serta kebel-kabel listrik yang ada di rumah.

"Sebelum pergi meninggalkan rumah, diapstikan aman, cek kembali perlaran dapur memasak, dan lain sebagainya, termasuk listrik di rumah," katanya.

Baca juga: Pemkab Kapuas pastikan kesiapan penanggulangan karhutla hingga tingkat desa

Sebelumnya, kejadian kebakaran permukiman terjadi di Jalan Pemuda, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat itu terjadi pada Selasa (27/6) sekitar pukul 08:35 WIB. 

Akibat kejadian ini rumah barak 10 pintu pemilik atas nama Awi (45) habis terbakar dan satu unit rumah milik Sayuti (63) juga habis terbakar.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka luka dalam kejadian ini. Korban terdampak sebanyak 5 Kepala Keluarga dan 15 jiwa," demikian Panahatan.

Baca juga: Tiga pekerja terluka akibat kebakaran pabrik kayu lapis di Kapuas

Baca juga: Legislator: Mobil damkar untuk Kapuas Tengah sangatlah tepat