Pemkab Lamandau latih Satlinmas di tiga kecamatan

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana

Pemkab Lamandau latih Satlinmas di tiga kecamatan

Pemkab Lamandau gelar pelatihan Satlinmas, Desa Riam Panahan Kecamatan Delang, Senin (24/7). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah melaksanakan pembinaan dan pelatihan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di tiga kecamatan sekaligus.

Adapun pembinaan dan pelatihan tersebut dipusatkan di Desa Riam Panahan Kecamatan Delang, Senin (24/7), yakni melibatkan Satlinmas dari Kecamatan Lamandau, Batang Kawa dan Delang. 

"Kegiatan ini bertujuan memberi penyegaran pada Satlinmas Kabupaten Lamandau dalam melaksanakan tugas di lapangan," jelasnya.

Selain itu, sebagai upaya mempersiapkan Satlinmas agar mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal saat berpartisipasi dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kegiatan Satlinmas yang digelar tersebut, di antaranya pelatihan baris-berbaris, tata upacara dan perkemahan yang dimulai 25 Juli sampai dengan 26 Juli 2023.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pembinaan dan pendampingan Satlinmas ini adalah sebanyak 55 orang.

“Saya apresiasi bahwa tidak semua orang ingin bergabung di Satlinmas, bapak ibu semua orang-orang hebat, yang mau meluangkan waktu, pikiran, tenaga secara pribadi ataupun dari keluarga untuk bisa mengabdi di Satlinmas Kabupaten Lamandau," terangnya.

Selanjutnya Hendra mengatakan, agar memaknai kegiatan ini tak hanya sebatas untuk meningkatkan kemampuan, tetapi juga dalam rangka memenuhi tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

“Mari bersama-sama merajut kekompakan di desa sehingga berbagai hal yang dapat mengganggu lingkungan bisa dicegah”, ajak Hendra Lesmana.