Antisipasi banjir, Waket DPRD Barsel imbau masyarakat jaga kebersihan drainase

id Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika, DPRD Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Barito Selatan, kalteng, b

Antisipasi banjir, Waket DPRD Barsel imbau masyarakat jaga kebersihan drainase

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Nyimas Artika saat diwawancarai, di Buntok, Senin (7/8/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah setempat, agar menjaga kebersihan drainase ditempatnya masing-masing dalam upaya mencegah terjadinya banjir pada saat curah hujan tinggi.

"Kita mengharapkan masyarakat memperhatikan lingkungan dan drainase di tempatnya masing-masing sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada saat hujan," kata Nyimas Artika di Buntok, Senin.

Menurut dirinya, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama dan bukan hanya dibebankan kepada pemerintah saja. Untuk itulah, diharapkan masyarakat yang ada di daerah ini, supaya berperan aktif dalam menjaga kebersihan drainase di tempatnya masing-masing.

Legislator Barsel itu mengatakan, peran aktif masyarakat ini sangat diperlukan dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dalam menangani sampah dan kebersihan di lingkungan.

"Kita mengharapkan kesadaran masyarakat membantu menjaga kebersihan yang bisa dimulai dari memelihara kebersihan di lingkungan rumah masing-masing," ucap Nyimas Artika.

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barito Selatan menyebut, untuk drainase yang ada di depan rumah masing-masing, hendaknya selalu dibersihkan dari sampah plastik yang acap kali ditemukan petugas saat pembersihan drainase yang tersumbat.

Ia juga mengajak masyarakat supaya bisa bersama-sama memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama drainase yang sudah disediakan jangan sampai tersumbat dikarenakan sampah yang tidak dibersihkan.

Baca juga: DPRD Barsel fokus bahas KUA-PPAS

"Jangan hanya menunggu upaya dari pemerintah dan kalau membuang sampah hendaknya pada tempat yang sudah disediakan," harap Nyimas Artika.

Ia menambahkan, kalau semua pihak bisa bersinergi, maka permasalahan banjir akibat drainase tersumbat ini dapat ditangani bersama.

"Selain itu saya meminta kepada camat, lurah hingga RT dapat memperhatikan wilayahnya masing-masing dan diharapkan kepada warga untuk bergotong royong membersihkan lingkungannya secara rutin," demikian Nyimas Artika.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD dorong Barito Selatan menjadi Kabupaten Layak Anak

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel dukung penuh gerakan transisi PAUD ke SD menyenangkan

Baca juga: Komisi II DPRD minta Pemkab Barsel perbaiki jalan poros penghubung tiga desa