Wakil Ketua DPRD dorong Barito Selatan menjadi Kabupaten Layak Anak

id Dprd barito selatan, wakil ketua dprd barsel, nyimas artika, pendidikan anak usia dini, paud, anak-anak, buntok, barsel, barito selatan

Wakil Ketua DPRD dorong Barito Selatan menjadi Kabupaten Layak Anak

Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Nyimas Artika (tengah) menghadiri gebyar PAUD dan peringatan Hari Anak Nasional di Buntok, (31/7). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Nyimas Artika mendukung langkah pemerintah kabupaten yang berupaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak.

"Karena, program ini merupakan salah satu langkah dan komitmen dalam pemenuhan hak-hak anak," katanya di Buntok, Rabu.

Ia berharap kepada dinas terkait dapat melakukan sejumlah upaya agar program yang telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan tersebut terwujud.

Selain itu, ia mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui dinas terkait yang telah melaksanakan kegiatan gebyar PAUD dan peringatan Hari Anak Nasional.

Dikatakannya, melalui gebyar PAUD dan peringatan Hari Anak Nasional tersebut, dapat memotivasi dan memberikan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan kemampuannya masing-masing.

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel dukung penuh gerakan transisi PAUD ke SD menyenangkan

Melalui momen gebyar PAUD dan Perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Barito Selatan 2023 ini, diharap menggugah semua pihak terhadap pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing-masing dalam memenuhi hak serta melindungi anak-anak.

"Melalui momen tersebut diharap dapat menggugah setiap individu, orang tua, keluarga, pendidik, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan semua pihak akan pentingnya peran, tugas serta kewajibannya masing-masing dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak," tambah Nyimas Artika.

Khususnya lanjut dia, dalam menumbuhkan kesadaran seluruh pihak terhadap PAUD yang merupakan fase awal dan penting untuk memperbaiki moral anak.

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) Barito Selatan itu juga mengatakan, dalam pemenuhan hak-hak anak tersebut, diharap pemerintah, masyarakat dan orang tua bersama-sama bersinergi mendukung tercapainya berbagai indikator.

"Hak anak tersebut di antaranya, hak sipil, hak pendidikan dan kesehatan, serta hak untuk berkreasi serta hak lainnya untuk mendapatkan perlindungan," demikian Nyimas Artika.

Baca juga: Komisi II DPRD minta Pemkab Barsel perbaiki jalan poros penghubung tiga desa

Baca juga: Bunda PAUD Barsel: Usia dini periode emas anak untuk pendidikan

Baca juga: Pemkab berupaya wujudkan Barsel menjadi Kabupaten Layak Anak