PMI Gumas edukasi pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada anak

id Pemkab gunung mas, pmi gunung mas, palang merah indonesia, wabup gumas, efrensia lp umbing, kesehatan gigi dan mulut, kuala kurun, gumas, gunung mas

PMI Gumas edukasi pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada anak

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing menyerahkan sikat gigi dan pasta gigi kepada murid saat penyuluhan di SDN 3 Kuala Kurun, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melakukan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut kepada murid-murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kuala Kurun.

Edukasi tersebut penting dilakukan karena dengan gigi yang sehat dan kuat menjadi bekal tumbuh kembang anak secara optimal, kata Wakil Bupati yang juga selaku Ketua PMI Gunung Mas Efrensia LP Umbing di Kuala Kurun, Rabu.

“Melalui kegiatan ini kami ingin anak-anak mengetahui pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut sejak dini,” sambung perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini.

Dia menyebut, dalam penyuluhan ini PMI Gunung Mas melibatkan dokter spesialis. Selama penyuluhan, murid-murid SDN 3 Kuala Kurun dikenalkan cara menyikat gigi yang baik dan benar. 

Selain itu, PMI Gunung Mas membagikan 220 paket sikat gigi kepada murid kelas 1, 2, dan 3. Selanjutnya ada paket makanan tambahan untuk murid-murid kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.

Pada kesempatan ini PMI Gunung Mas juga melakukan kegiatan sosialisasi terkait Kepalangmerahan. Dari kegiatan ini diharap murid-murid juga mengetahui berbagai hal terkait kepalangmerahan.

Baca juga: KUPA-PPAS 2023 Gumas prioritaskan peningkatan perekonomian

Sementara itu, Kepala SDN 3 Kuala Kurun, Belie menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Gunung Mas, yang melakukan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, serta sosialisasi terkait kepalangmerahan.

Dari kegiatan ini, murid-murid dan guru yang ada di SDN 3 Kuala Kurun mendapat berbagai informasi penting, baik terkait kesehatan gigi dan mulut maupun terkait kepalangmerahan.

Secara keseluruhan, sambung dia, jumlah peserta didik di SDN 3 Kuala Kurun mencapai 430 orang lebih. Secara khusus yang mengikuti penyuluhan adalah murid kelas 1, 2, dan 3.

“Kegiatan ini difokuskan untuk kelas 1, 2, dan 3, karena mereka dipandang masih belum memahami cara menyikat gigi yang baik dan benar,” demikian Belie.

Baca juga: Bupati Gumas: Anggota Paskibraka harus miliki semangat nasionalisme

Baca juga: PLN-DLHKP Gumas jalin kerja sama, wujud komitmen pelestarian Taman Hutan Lapak Jaru

Baca juga: Bupati Gunung Mas ajak masyarakat dukung Penjabat Kades Sangal