Legislator minta pengelolaan kebersihan Pasar Saik Kuala Pembuang ditingkatkan

id Dprd seruyan, masfuatun, kuala pembuang, seruyan, pasar saik kuala pembuang, pasar sayur dan ikan

Legislator minta pengelolaan kebersihan Pasar Saik Kuala Pembuang ditingkatkan

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Seruyan, Kalimantan Tengah Masfuatun meminta Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindakop) bersama UPTD terkait memperhatikan kebersihan Pasar Sayur dan Ikan (Saik) Kuala Pembuang.

“Kita harap kepada instansi terkait untuk kebersihan Pasar Saik Kuala Pembuang agar diperhatikan, sehingga dapat memberi kenyamanan bagi penjual maupun konsumen,” katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Dirinya menjelaskan Pasar Saik merupakan pasar sentral di Kota Kuala Pembuang. Biasanya sejumlah pendatang mengunjungi pasar tersebut, baik untuk mencari oleh-oleh maupun hasil perikanan di Seruyan.

"Maka perlu dipastikan kebersihan dan penataan pasar agar menarik. Kebersihan Pasar Saik itu harusnya dapat diperhatikan karena itukan pasar sentral masyarakat kita, jadi tidak nyaman apabila tidak bersih," tambahnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, dalam menjaga kebersihan pasar tersebut tentu harus ada peran serta dari penjual dan pembeli, karena tanpa didukung masyarakat, upaya yang dilakukan juga kurang maksimal.

“Kesadaran kita harus lebih kita tingkatkan lagi, untuk kepentingan bersama mewujudkan Pasar Saik Kuala Pembuang yang bersih dan nyaman,” jelasnya.

Baca juga: DPRD minta Pemkab Seruyan optimalkan pemasaran hasil perikanan

Politisi Partai Persatuan Pembangunan itu menambahkan, beberapa fasilitas yang perlu diperhatikan yakni tempat sampah di setiap titik pasar, serta tata letak pasar agar bisa lebih diatur sehingga semakin tertata. Termasuk perbaikan pada lapak yang sudah mengalami kerusakan.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar bisa memaksimalkan bangunan pasar yang saat masih banyak kosong. Diperlukan koordinasi intens kepada para pedagang dengan harapan lapak yang berada di gedung bangunan pasar bisa terisi, sehingga dapat memudahkan masyarakat setempat.


Baca juga: DPRD Seruyan ingatkan pentingnya optimalisasi pengelolaanalsintan

Baca juga: Waket DPRD Seruyan sebut fasilitas objek wisata perlu pembenahan

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta potensi transportasi udara dimaksimalkan sambut IKN