Kemenkumham tingkatkan FMD personel Lapas Sukamara

id Kemenkumham kalteng, polres sukamara, perbakin sukamara, menembak, sukamara

Kemenkumham tingkatkan FMD personel Lapas Sukamara

Latihan menembak di lapangan tembak Polres Sukamara, Rabu (04/10). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Hendra Ekaputra mengatakan, latihan menembak yang dilakukan personel Lapas Kelas III Sukamara bertujuan untuk meningkatkan kondisi fisik, mental dan disiplin (FMD).

Kegiatan ini dilaksanakan di Sukamara, Rabu (4/10) bekerja sama dnegan Polres Sukamara, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar pemangku kepentingan yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

"Dalam pelaksanaan tugas kita selalu sinergi dan tidak ada ego sektoral. Pesan saya kepada seluruh petugas yang mengikuti kegiatan, harus berhati-hati dalam menggunakan senjata api, ikuti apa yang menjadi arahan dari instruktur,” pintanya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini tak hanya mencakup aspek individu petugas, tetapi juga menciptakan sinergi yang kuat antara Lapas Sukamara dan pemerintah kabupaten yang menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pelayanan publik.

Sekda Sukamara Rendi Lesmana mengatakan, latihan yang dilaksanakan di lapangan tembak Polres Sukamara ini merupakan ajang kolaborasi antar Forkopimda yang hadir.

“Tentunya, latihan ini juga guna meningkatkan kapasitas dari SDM personel Lapas Sukamara baik dari sisi fisik, mental dan disiplin," katanya.

Adapun terkait kegiatan menembak tersebut, untuk cabang olahraganya pemerintah kabupaten memiliki komitmen kuat. Terbukti pada ajang Porprov 2023 juga telah memberikan prestasi yang cukup gemilang pada cabang menembak.

"Sarana prasarana latihan menembak khususnya Perbakin memang sangat terbatas dan minimalis. Tetapi, meski demikian tetap mampu memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Sukamara," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Sukamara bantu sertifikasi petani mandiri

Sementara itu, Wakapolres Sukamara, Kompol Budi Nugroho menjelaskan, latihan menembak merupakan salah satu wujud sinergi Polres dengan pemangku kepentingan terkait.

Dirinya berharap melalui latihan menembak ini, para petugas mampu menjaga keseimbangan antara fisik yang bugar, mental yang tangguh, dan disiplin yang konsisten.

“Kegiatan FMD ini menjadi langkah konkrit dalam mengembangkan SDM yang unggul di dalam Lapas, sekaligus mendukung terciptanya lingkungan yang profesional dan andal,” tutupnya.

Baca juga: Pj Bupati ucapkan terimakasih ke Windu-Ahmadi telah berjuang membangun Sukamara

Baca juga: Pj Bupati: Turnamen bola voli Sukamara 2023 ajang mempersiapkan atlet berprestasi

Baca juga: Penjabat Bupati Sukamara: Tingkatkan sinergi sukseskan program strategis