DPRD Kalteng minta jalan ke objek wisata lebih diperhatikan

id objek wisata, objek wisata di kalteng, Wakil Ketua II DPRD Kalimantan Tengah, Jimmy Carter, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan

DPRD Kalteng minta jalan ke objek wisata lebih diperhatikan

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kalimantan Tengah Jimmy Carter mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mengelola potensi wisata yang ada di wilayah ini.

Melalui sinergi dan kolaborasi tersebut objek wisata yang relatif banyak di provinsi ini dapat terkelola secara optimal serta mampu mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara, kata Jimmy Karter di Palangka Raya, kemarin.

"Ada satu hal yang perlu mendapat perhatian terkait sektor wisata ini, yakni infrastruktur jalan menuju lokasi objek wisata. Ada banyak objek wisata yang sulit dijangkau akibat belum memadai infrastruktur jalan," ucapnya.

Dia pun mencontohkan objek wisata air terjun di Desa Dirung, Kabupaten Murung Raya yang mulai banyak dikunjungi oleh masyarakat setempat. Namun, karena infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya kurang mendukung, membuat objek wisata itu kurang diketahui serta dikunjungi wisatawan dari daerah ataupun provinsi lain.

Legislator Kalteng itu meyakini bahwa air terjun di Desa Dirung dapat menjadi salah satu objek wisata andalan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini. Sebab, selain airnya yang jernih, kondisi alamnya pun relatif masih alami.

"Tinggal bagaimana pemkab dan pemprov bisa bersinergi sekaligus berkolaborasi mengoptimalkan pengelolaannya, termasuk meningkatkan fasilitas jalan dan lainnya, agar semakin memadai," kata Jimmy Carter.

Baca juga: DPRD Kalteng berharap kepercayaan masyarakat terhadap TNI tetap terjaga

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya ini pun meyakini bahwa di daerah lain di provinsi ini juga memiliki potensi objek wisata yang bisa dikembangkan. Hanya, menurut dirinya, pengembangan sektor pariwisata tidak hanya berkaitan dengan sarana dan prasarana objeknya saja, tapi juga akses pendukungnya seperti halnya infrastruktur jalan.

"Banyak objek wisata yang bagus, tetapi jalannya kurang memadai. Itu yang membuat wisatawan jadi enggan untuk berkunjung. Jadi, perbaikan infrastruktur jalan menuju objek wisata itu penting untuk diperhatikan pemda," demikian Jimmy.

Baca juga: Legislator Kalteng sebut upaya menangani karhutla sudah optimal

Baca juga: DPRD Kalteng cek amdal perusahaan tambang di Kapuas

Baca juga: Legislator Kalteng minta sejumlah pelabuhan di Kalteng perlu ditingkatkan