Penjabat Bupati berharap Bartim kembali juara umum di MTQ Korpri Kalteng

id Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, Barito Timur, kalimantan tengah, kalteng, mtq korpri, mtq korpri kalteng

Penjabat Bupati berharap Bartim kembali juara umum di MTQ Korpri Kalteng

Didampingi Ketua DPRD Bartim Nur Sulistio dan Sekda Panahan Moetar, Pj Bupati Bartim Indra Gunawan melepas keberangkatan kafilah MTQ Korpri ke-7 di Tamiang Layang, Minggu (08/10/2023). ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan secara resmi melepas keberangkatan kontingen daerah yang mengikuti  Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (MTQ Korpri) ke-VII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kami berharap kafilah yang menjadi kontingen dari kabupaten ini, bisa kembali meraih juara umum seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Indra Gunawan usai melepas keberangkatan kontingen di Tamiang layang, Minggu (08/10/2023).

Berdasarkan data yang diterima dirinya, kafilah yang menjadi kontingen Kabupaten Barito Timur, pernah berhasil meraih juara umum pada lomba MTQ Korpri ke-4 pada tahun 2018 silam. Hal itulah yang membuat dirinya berharap bisa diraih kembali juara umum atau setidaknya mempertahan hasil MTQ Korpri tingkat Kalteng di tahun sebelumnya.

Indra mengatakan, banyak hal positif yang didapat dari kegiatan MTQ Korpri 2023 ini, diantaranya menularkan nilai spirit MTQ kepada generasi muda dan akan mengikuti jejak orang tua , dan mampu membentengi ASN serta generasi muda dari hal – hal negatif. Untuk itu, optimis kafilah MTQ Korpri Barito Timur mampu memberikan hasil yang terbaik untuk daerah. Indra pun mengharapkan Gumi Jari Janang Kalalawah bisa menjadi tuan rumah MTQ Korpri selanjutnya.

"Kalau bisa kita menjadi tuan rumah MTQ Korpri selanjutnya. Kita juga mengharapkan ada kegiatan-kegiatan besar seperti MTQ dan lainnya untuk membuat Kabupaten Barito Timur dikunjungi dan mampu menjadi wadah perputaran ekonomi, " kata Indra Gunawan.

Baca juga: Pj Bupati minta petani di Bartim tetap kompak mempertahankan kualitas bibit

Sementara itu, Ketua Kafilah MTQ Korpri Kabupaten Barito Timur, Bunyamin mengatakan, jumlah kafilah yang diberangkatkan sebanyak 42 orang terdiri 20 peserta lomba, pendamping dari Kemenag lima orang dan pendamping dari Pemkab Bartim 17 orang.

Sembilan jenis lomba yang diikuti diantaranya, Tartil Al Quran, Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Dakwah Al Quran,  Khat Al Quran, Lomba Adzan , Lomba Khutbah Jum'at, Penulisan Artikel Al Quran dan Lomba Do'a.

"Kami ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja dengan maksimal, dengan segala daya dan upaya, mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan materinya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana," demikian Bunyamin.

Baca juga: Kabut asap semakin pekat, Pemkab Bartim kurangi jam belajar sekolah

Baca juga: Pemkab Bartim serahkan Jalan Bundaran Gunung Perak kepada KemenPUPR

Baca juga: Asap mulai selimuti Bartim, Penjabat Bupati imbau masyarakat gunakan masker