Asap mulai selimuti Bartim, Penjabat Bupati imbau masyarakat gunakan masker

id Asap mulai selimutiBartim, Penjabat Bupati imbau masyarakat gunakan masker, kalteng, bartim, Barito timur, Indra

Asap mulai selimuti Bartim, Penjabat Bupati imbau masyarakat gunakan masker

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan (tengah kaos merah) berdiskusi dengan Kalaksa BPBD Damkar Bartim Ahmad Gazali beserta personel TNI dan Polri serta masyarakat setempat terkait penanganan karhutla di Desa Pulau Patai, Sabtu (30/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengeluarkan surat edaran tentang imbauan memakai masker dan membatasi kegiatan di luar gedung serta pelarangan pembakaran sampah.

“Edaran ini disampaikan karena semakin maraknya kabut asap di wilayah Kalteng, khususnya wilayah Kabupaten Barito Timur,” kata Indra Gunawan, Sabtu.

Menurutnya, diperlukan kewaspadaan dini walaupun belum ditemukan peningkatan kasus Inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) seperti laporan Surveilans Sistem Kewaspadaan  Dini dan Respons  (SKDR).

Imbauan dimaksud agar tidak terjadi peningkatan kasus ISPA seiring asap kebakaran lahan yang mulai muncul. Oleh karena itu masyarakat diimbau untuk memakai masker dan membatasi kegiatan luar gedung serta tidak melakukan pembakaran sampah.

“Tidak keluar rumah terutama bagi kelompok rentan seperti bayi, balita, ibu hamil dan lanjut usia. Jikapun keluar rumah diimbau menggunakan masker,” kata Indra.

Baca juga: Pemprov Kalteng-DPRD Bartim percepat perda cadangan pangan kabupaten

Dia menyarankan masyarakat untuk minum air putih lebih banyak dan lebih sering diiringi dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, perlu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat  banyak makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Tidak hanya itu, dalam edaran itu juga Indra Gunawan meminta masyarakat Kabupaten Barito Timur menutup sumber air yang digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti sumur, bak penampungan dan lain-lain agar tidak tercemar debu asap.

“Yang terpenting jangan membakar sampah rumah tangga dan menjaga lahan dan pekarangan masing-masing dari kebakaran, serta segera berobat jika mengalami gangguan kesehatan,” katanya.

Indra Gunawan mengakui karhutla menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Dirinya pun ikut meninjau langsung kebakaran hutan dan lahan yang telah terjadi di Desa Pulau Patai, Kecamatan Dusun Timur, Sabtu (30/9) kemarin.

“Meninjau untuk memastikan karhutla layang terjadi di sana sudah bisa dikendalikan dan padam,” demikian Indra Gunawan.

Baca juga: APBD Perubahan Barito Timur 2023 difokuskan untuk percepatan pembangunan

Baca juga: Pj Bupati minta dukungan semua elemen membangun Bartim

Baca juga: Balai rehabilitasi narkotika Adhyaksa di Bartim resmi difungsikan