Pemkab Barsel tekankan pentingnya harmoni beragama dalam keberagaman

id Pemkab barito selatan, buntok, barsel, moderasi beragama, fkub kalteng, fkub barsel, asisten III setda barsel, mirwansyah, barito selatan

Pemkab Barsel tekankan pentingnya harmoni beragama dalam keberagaman

Pembukaan kegiatan dialog moderasi beragama pemuda lintas agama, Buntok, Kamis (12/10). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Asisten III Setda Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Mirwansyah mengatakan, harmoni beragama sangat penting dalam keberagaman.

"Karena, masyarakat yang memiliki keberagaman memerlukan adanya harmoni," katanya saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan dalam dialog moderasi beragama pemuda lintas agama di Buntok, Kamis.

Ia menerangkan, harmoni ini dalam upaya untuk menghindari terjadinya konflik yang dapat berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Harmoni dalam keberagaman tersebut yakni memiliki rasa toleransi pada setiap perbedaan agama, budaya, adat, dan lainnya," jelasnya.

Menurut dia, sikap toleransi ini sangat diperlukan agar masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Dengan saling menerima dan saling menghargai, tercipta harmonisasi dalam perbedaan di masyarakat.

Ia juga sangat bersyukur, karena selama ini potensi kemajemukan tersebut dapat dijaga dan dirawat di daerah ini dengan hidup saling berdampingan, rukun dan damai tanpa adanya gejolak.

"Kita berharap, hal ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, hubungan kebangsaan, serta persaudaraan atas dasar kemanusiaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945," harapnya.

Baca juga: Kebocoran pipa induk Perumdam di jembatan Matiti Buntok sudah selesai diperbaiki

Pada kesempatan itu, ia sangat mengapresiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Barito Selatan yang telah melaksanakan kegiatan dialog moderasi beragama pemuda lintas agama tersebut.

"Kegiatan yang melibatkan pemuda dari lintas agama ini dapat menjadi wadah meningkatkan penguatan moderasi beragama," tambah dia.

Sementara itu Ketua FKUB Kalimantan Tengah, Bulkani mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sasarannya generasi muda yang merupakan generasi penerus yang besar pengaruhnya bagi pembangunan ke depan.

"Generasi muda perlu menjadi sasaran dari kegiatan ini, sebab mereka banyak menguasai media sosial," terangnya.

Sebagaimana diketahui lanjut dia, banyak kasus-kasus kerawanan sosial terjadi melalui atau dengan perantara media sosial. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, dirinya menyampaikan materi terkait dengan moderasi beragama, toleransi serta bagaimana cara memelihara, meningkatkan dan memupuk rasa toleransi tersebut.

"Kita berharap setelah kegiatan ini, generasi muda mempunyai pemahaman mengenai moderasi beragama dan kemudian mereka mempunyai sikap positif terhadap moderasi beragama, sehingga bisa mengubah perilaku mereka menjadi lebih moderat dan lebih toleran," kata dia.

Ketua FKUB Barito Selatan, Fadlan mengucapkan terima kasih kepada Ketua FKUB provinsi dan pemerintah kabupaten yang banyak membantu dan memberikan dukungan terlaksananya kegiatan ini.

Dialog moderasi beragama pemuda lintas agama yang berlangsung di aula Kantor Kementerian Agama Barito Selatan itu dihadiri ratusan pemuda dari sejumlah organisasi dan sekolah di wilayah setempat.

Baca juga: Lima fraksi DPRD Barsel setuju raperda APBD 2024 dibahas lebih lanjut

Baca juga: Pangdam minta persiapan optimal dalam pengamanan pesta demokrasi

Baca juga: Erna Ardiani angkat citra Barito Selatan melalui kain khas daerah