Pangdam minta persiapan optimal dalam pengamanan pesta demokrasi

id Pangdam XII tanjungpura, kodim buntok, tni netral, tentara indonesia, buntok, barsel, barito selatan

Pangdam minta persiapan optimal dalam pengamanan pesta demokrasi

Kunjungan Pangdam XII/Tanjungpura di Buntok, Sabtu (7/10).  (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan mengunjungi Kodim 1012 Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Sabtu.

Dalam arahannya, dia mengatakan, menghadapi pesta demokrasi, TNI netral dan siap mengawal pelaksanaannya agar berlangsung dengan aman dan terkendali.

"Untuk pengamanan pesta demokrasi ini harus direncanakan dengan matang, dan juga dipetakan mana potensi-potensi konflik, dimana dilaksanakan gelaran pasukan dan apa saja yang diperlukan," jelasnya.

Kemudian lanjut dia, agar dilakukan pendekatan kepada sejumlah tokoh secara khusus, agar semuanya bisa terkendali dan bisa saling menghargai serta menghormati sikap demokrasi.

Ia juga mempersilakan kepada ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana menentukan pilihannya masing-masing, karena semuanya adalah yang terbaik. Kalau berbeda pilihan, jangan saling mengejek, jangan saling menghasut serta jangan saling memprovokasi.

Baca juga: Erna Ardiani angkat citra Barito Selatan melalui kain khas daerah

"Silakan pilih sesuai hati nuraninya masing-masing, karena semuanya adalah yang terbaik dan siapa pun yang terpilih nantinya, berarti itu kehendak Allah SWT, tuhan yang maha esa," kata dia.

Lebih lanjut Pangdam XII Tanjungpura mengingatkan kepada anggota Kodim 1012 Buntok agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing.

"Dengan beriman dan bertakwa, saya yakin kita akan menjadi orang yang bijak, dewasa dan bisa melakukan yang terbaik serta tidak melakukan pelanggaran," katanya.

Ia mengatakan, dengan keimanan dan ketakwaan, maka seseorang akan disiplin serta totalitas untuk menjaga kehormatan diri, keluarga dan kehormatan satuannya.

"Termasuk juga membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya," ucap Iwan Setiawan.

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan kepada anggota Kodim 1012 Buntok untuk menjaga kesehatannya masing-masing, karena nilai kesehatan itu merupakan segala-galanya.

"Kalau sehat, maka akan bisa menjaga diri dan keluarga. Dengan sehat kita juga bisa melaksanakan kegiatan yang diberikan oleh komando atas, dan juga bisa melaksanakan ibadah dengan optimal," ucapnya.

Pada kunjungan tersebut, pangdam juga meresmikan gedung Pandawa Sakti 02 Kodim 1012 Buntok. Dalam kegiatan itu dihadiri Sekda Barsel Edy Purwanto dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Baca juga: LKKNU Barsel adakan pembinaan cegah generasi milenial dari pergaulan bebas

Baca juga: DPRD Barsel dukung pelatihan jurnalistik kembangkan bakat pelajar dalam menulis

Baca juga: Pemprov Kalteng-DPRD Barsel pacu penyelesaian regulasi cadangan pangan