Gunung Mas kirim kafilah ikuti FASI XII Kalteng

id Gunung Mas kirim kafilah ikuti FASI XII Kalteng, kalteng, gumas, Gunung Mas, agama, islam

Gunung Mas kirim kafilah ikuti FASI XII Kalteng

Asisten I Setda Gumas Lurand, kafilah dan lainnya berfoto bersama saat pelepasan di Kuala Kurun, Rabu (9/10/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Kabupaten Gunung Mas mengirimkan kafilah untuk mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan diselenggarakan di Kota Palangka Raya, 10-13 Oktober 2024.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Sekretariat Daerah Gumas Lurand di Kuala Kurun, Rabu, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten selalu mendukung penuh kegiatan keagamaan, termasuk FASI.

“FASI merupakan kegiatan pembinaan mental spiritual, ajang pencarian bakat dan prestasi santri, wadah untuk menumbuhkan semangat kebersamaan, sekaligus media untuk memperkokoh silaturahmi,” ucapnya.

Dia juga menilai FASI dapat menjadi sarana untuk melakukan pembinaan kepada generasi muda Muslim, agar selalu optimis dan unggul dalam iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh sebab itu, Pemkab Gumas mengapresiasi dan selalu mendukung penuh kegiatan keagamaan seperti ini, yang merupakan bagian dari program pemerintah dalam pembinaan generasi penerus bangsa.

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya gali potensi pangan lokal B2SA melalui lomba

Lebih lanjut, dia menyampaikan harapan kepada seluruh kafilah Gumas agar selalu diberi kesehatan, kemudahan dan kelancaran, sehingga dapat mengikuti kegiatan tersebut dari awal hingga berakhir.

“Tetap jaga kesehatan dan kekompakan, demi nama baik kabupaten yang kita cintai ini,” kata Lurand.

Sementara itu, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPMRI) Gumas Junaidi menyampaikan bahwa kafilah kabupaten setempat yang dikirim untuk mengikuti FASI XII Kalteng secara keseluruhan berjumlah 26 orang.

Kafilah Gumas, sambung dia, akan mengikuti belasan cabang lomba, baik itu Taman Pendidikan Al quran (TPA) maupun Ta'limul Qur'an lil Aulad (TQA).

Cabang lomba yang akan diikuti antara lain Tartil TPA, Azan dan Iqomah TPA, Ceramah Bahasa Indonesia Putra TPA, Ceramah Bahasa Indonesia Putri TQA, Tilawah Quran Putra TQA, Tilawah Quran Putri TQA, Hapalan Juz Amma Putra TQA, Hapalan Juz Amma Putri TQA, Fahmi Quran TQA, dan Kaligrafi TQA.

“Mohon doanya agar Kafilah Gumas bisa meraih prestasi yang membanggakan,” demikian Junaidi.

Baca juga: Pembayaran pajak di Gumas bisa non tunai lewat gadget

Baca juga: Personel Polri kawal paslon Bupati-Wabup Gunung Mas

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan hibah kepada tiga ormas