Gerakan nyata PT SLK bantu masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan

id pt slk, pt sks listrik kalimantan, csr perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan, tjsl, listrik kalimantan, kalteng, kalimantan tengah, gunung mas Oleh Muhammad Arif Hidayat

Gerakan nyata PT SLK bantu masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan

PT SLK menjalin kerja sama dengan Universitas Palangka Raya dalam rangka mendukung pengembangan sektor pendidikan dan peningkatan daya saing masyarakat. (ANTARA/HO-PT SKS Listrik Kalimantan)

Palangka Raya (ANTARA) - PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) merupakan perusahaan penyedia tenaga listrik yang mengoperasikan IPP PLTU Kalteng-1 berkapasitas 2x100 MW di Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

IPP PLTU Kalteng-1 beroperasi secara komersial sejak November 2020 dan saat ini sudah masuk dalam sistem interkoneksi PLN dengan melayani two line untuk Kalimantan Tengah khususnya wilayah Kabupaten Katingan dan Gunung Mas.


PT SLK yang bergerak di bidang energi ini merupakan anak perusahaan dari PT Datang DSSP Power Indonesia yang telah menjalankan peran pentingnya secara optimal dengan berkontribusi positif kepada masyarakat lokal melalui sederet program CSR yang mereka miliki.

Sampai dengan saat ini PT SLK terus secara konsisten menjaga komitmen dan bergerak menjalankan ragam program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) di tengah masyarakat.

PT SLK memiliki sederet program unggulan CSR yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi kreatif dan UMKM, infrastruktur, hingga seni dan budaya.

Adapun program unggulan CSR di bidang pendidikan meliputi SLK Mengajar, SLK Milik Kita Bersama, Capacity Building for Teacher, hingga publikasi buku.

Baca juga: PT SLK bantu perbaikan jalan di Tumbang Kajuei sejak 2018

Program bidang kesehatan, di antaranya Ayo ke Posyandu untuk balita dan lansia, maupun pelatihan para kader posyandu dalam upaya pencegahan stunting atau gangguan pertumbuhan.

Selanjutnya pada bidang ekonomi kreatif ada pelatihan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Pemberdayaan UMKM Transy Snack, serta operasional Bumdes Mart Rungan Maju Bersama.

Kemudian bidang infrastruktur seperti perbaikan jalan, pembangunan gedung madrasah dan banyak lainnya, serta di bidang seni budaya adanya sanggar binaan PT SLK yakni Kambang Pancar Rungan.

Melalui sederet program-program unggul CSR ini, PT SLK berkomitmen untuk senantiasa menjalankan tanggung jawab sosial kepada daerah maupun masyarakat yang berpegang teguh pada prinsip keberlanjutan, melalui kolaborasi dengan berbagai institusi dan pemangku kepentingan.

Komitmen kuat disertai implementasi nyata dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar, membuat PT SLK menjadi salah satu model bagi perusahaan lainnya agar mampu berkontribusi secara positif dan berkelanjutan terhadap masyarakat lokal.

 
PT SLK bersama Kepolisian melaksanakan edukasi kepada para siswa SMA sederajat tentang bahaya dari narkoba. (ANTARA/HO-PT SKS Listrik Kalimantan)
 

Bidang Pendidikan

Melalui program unggulan CSR-nya, bidang pendidikan menjadi salah satu prioritas dari PT SLK untuk terus didukung guna membantu pengembangan sumber daya manusia sehingga berdaya saing tinggi.

Di antaranya berkolaborasi bersama lintas sektor seperti halnya dengan Kepolisian Sektor Kecamatan Rungan melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba dan bahaya seks bebas bagi generasi muda dengan menyasar berbagai sekolah.

Melalui kegiatan ini PT SLK ingin terwujudnya generasi muda yang sehat dan mampu berfokus meraih prestasi serta menyongsong masa depan, tentunya dengan terbebas dari narkoba.

Sebab, pengaruh penggunaan narkoba terlebih bagi generasi muda sangat berbahaya dan akan merusak masa depan mereka. Untuk itu diperlukan partisipasi dan kepedulian semua pihak, mendukung gerakan pemberantasan narkoba.

Baca juga: PT SLK cegah sejumlah balita di Gumas mengalami stunting

Salah satu sekolah yang menjadi pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah SMA Negeri 1 Rungan di Jakatan Raya, Kecamatan Rungan.

Kegiatan ini mendapat respon positif dan didukung berbagai pihak. Kepala SMA Negeri 1 Rungan Yohana, menyambut baik sosialisasi dan edukasi kepada para siswanya yang dilaksanakan PT SLK.

"Kegiatan yang dilakukan ini sangat tepat untuk remaja yang berusia rawan terhadap paparan pergaulan bebas dan narkoba. Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana ini," tuturnya.

Melalui perlindungan terhadap generasi muda dari ancaman narkoba, maka jalannya program-program di bidang pendidikan diharapkan dapat terlaksana secara optimal sehingga mampu melahirkan generasi penerus yang unggul dan hebat.

 
PT SLK memberikan bantuan berupa makanan tambahan maupun susu kepada para ibu hamil dan anak-anak melalui Posyandu. (ANTARA/HO-PT SKS Listrik Kalimantan)


 

Bidang Kesehatan

PT SLK juga secara konsisten melaksanakan berbagai program unggulan CSR-nya di bidang kesehatan. Apalagi bidang kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar dari masyarakat.

Berbagai pelayanan kesehatan selama ini telah dilaksanakan PT SLK, termasuk berkolaborasi secara berkelanjutan mendukung kader-kader Posyandu dalam memberikan pelayanan kepada para ibu hamil serta balita maupun anak-anak.

PT SLK secara rutin memberikan dukungan berupa makanan tambahan maupun vitamin dan susu melalui Posyandu kepada para ibu dan anak-anak.

Hal ini dilakukan sekaligus mendukung upaya pemerintah yakni mencegah serta menanggulangi permasalahan stunting yang menjadi fokus secara nasional. Sejumlah Posyandu yang terus didukung selama ini, di antaranya Posyandu Baras Manyang di Desa Luwuk Langkuas maupun Posyandu Balita di Trans SP1 Tumbang Kajuei.

Tak hanya memerhatikan para sasaran yakni ibu hamil maupun anak-anak, PT SLK juga memprakarsai gerakan pemberdayaan kader-kader posyandu pada sejumlah desa di Kabupaten Gunung Mas.

Yakni melalui kegiatan capacity building atau peningkatan kapasitas terhadap 50 orang kader posyandu yang berasal dari Desa Tumbang Kajuei, Trans Kajuei serta Desa Luwuk Lengkuas.

Baca juga: Berlangsung semarak, PT SKS Listrik Kalimantan laksanakan berbagai kegiatan peringati HUT ke-78 RI

Tujuannya memberi pemahaman pentingnya kemampuan kader dalam upaya pemberantasan stunting. PT SLK menjadi inisiator dalam kegiatan ini, lantaran sebelumnya para kader posyandu di daerah setempat belum pernah menerima perhatian seperti itu menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

PT SLK berupaya maksimal untuk berpartisipasi membantu dalam pembangunan daerah. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan pihak lain turut tergerak melaksanakan pemberdayaan-pemberdayaan yang diperlukan masyarakat.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan-kegiatan pemberdayaan ini sekaligus sebagai bentuk nyata partisipasi PT SLK dalam upaya penyiapan generasi sehat sebagai penerus estafet pembangunan di masa mendatang.

Direktur PT SLK Johanes Boyke A. Nugroho, menjelaskan, saat ini Indonesia sedang menghadapi bonus demografi yakni penduduk usia produktif akan lebih besar dibanding usia nonproduktif.

"Oleh karenanya, bersama-sama kita harus mampu mempersiapkan generasi yang sehat untuk mendukung pembangunan agar semakin optimal," jelasnya.

CSR Bidang Lainnya

Program unggulan CSR yang dimiliki PT SLK selama ini dilaksanakan menyesuaikan berbagai kebutuhan pembangunan daerah maupun masyarakat sekitar.

Seperti di bidang infrastruktur, salah satu kontribusi PT SLK adalah membantu perbaikan jalan poros utama Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas.

PT SLK memberikan bantuan koral untuk pengerasan jalan dan bersama masyarakat di Tumbang Kajuei gotong royong memperbaiki jalan desa.

Gotong royong melibatkan aparat desa, masyarakat dan perusahaan pada Rabu (27/9). Bantuan yang diberikan PT SLK kurang lebih 15 truk koral atau sekitar 75 kubik koral atau senilai lebih dari Rp50 juta.

"Bantuan dan dukungan perbaikan jalan ini PT SLK lakukan sejak 2018. Tepatnya sudah tiga kali perbaikan yakni pada 2018, 2022, hingga 2023," ucap Head CSR PT SLK, Dorothea Sthallhani Jasi.

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan edukasi peserta didik jaga kesehatan gigi dan mulut

Terkait hal ini pihaknya secara rutin menjawab berbagai permohonan masyarakat dan pemuda untuk meningkatkan aksesibilitas wilayah yang salah satunya adalah perbaikan jalan tersebut.

Di sisi lain, PT SLK juga sangat peduli dan menaruh perhatian besar pada pelestarian seni dan budaya daerah. Salah satunya diimplementasikan dengan memfasilitasi penerbitan buku berjudul "Menyelami Kekayaan Leluhur Suku Dayak Ngaju di Kecamatan Rungan".

Buku ini merupakan hasil penulisan esai para guru SD dan SMP yang terlibat dalam capacity building for teacher yang diselenggarakan PT SKS Listrik Kalimantan bekerja sama dengan BPMP Kalimantan Tengah pada 2022.

"Buku ini memuat tentang berbagai kekayaan luhur suku Dayak seperti pengobatan tradisional sangiang hingga cerita tentang Guhung Rawai yang menjelaskan tentang jipen masyarakat Rungan dahulu kala," terang Jasi.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kolaboratif yang pihaknya laksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap peningkatan kualitas pendidikan, disertai langkah nyata dalam pelestarian literasi budaya di daerah setempat.

Buku ini juga telah memperoleh ISBN (International Standard Book Number) dengan nomor 978-623-351-982-3. Agar keberadaan buku ini semakin dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak, maka salah satunya juga telah diserahkan kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kalimantan Tengah maupun Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong juga turut mengapresiasi partisipasi PT SLK yang mendukung pemerintah daerah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di wilayah setempat.

"Pentingnya fokus dan perhatian perusahaan yang beroperasional di wilayah Kabupaten Gunung Mas terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program tanggung jawab sosial perusahaan yang terealisasi," kata Jaya.

Baca juga: PT SKS Listrik Kalimantan berpartisipasi sukseskan pergelaran seni dan budaya di Jakatan Raya

Baca juga: Rayakan Idul Adha, PT SKS Listrik Kalimantan serahkan hewan kurban kepada masyarakat