Pemkab Barito Utara kukuhkan Pokdarwis desa di Lahei Barat

id pokdarwis barut,kelompok sadar wisata,luwe hulu,nihan hilir,disbudparpora,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara kukuhkan Pokdarwis desa di Lahei Barat

Warga melintas di kawasan pintu gerbang tempat wisata Air Terjun Jantur Doyam di wilayah Kecamatan Lahei Barat Jalan Negara Kilometer 18 Muara Teweh-Puruk Cahu, Rabu (30/12/2020).ANTARA/HO-Disbudparpora Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan pengukuhan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Luhe Hulu dan Nihan Hilir di wilayah Kecamatan Lahei Barat pada 25 Oktober 2023.

"Pengukuhan dilakukan Penjabat Bupati Barito Utara pada Rabu (25/10/) di Balai Desa Luwe Hulu Kecamatan Lahei Barat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara Annisa Cahyawati di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, kedua desa yang dikukuhkan yaitu, Pokdarwis "Cahaya Khatulistiwa" Desa Luwe Hulu dan Pokdarwis “Sama Sanang Wisata” Desa Nihan Hilir, Kecamatan Lahei Barat dan sekaligus pembukaan Sosialisasi Sadar Wisata dan Gerakan Aksi Sapta Pesona.

"Pengukuhan Pokdarwis di dua desa ini dalam rangka pengembangan ekonomi lokal melalui pariwisata dan upaya meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata di desa setempat," katanya.

Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan proyek perubahan yang disusun oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara selaku Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXIX BPSDM Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2023.

Baca juga: Pj Bupati Barut minta apoteker awasi peredaran obat rawan disalahgunakan

Baca juga: Pj Bupati Barut: Seni qasidah adalah budaya yang patut dilestarikan

Baca juga: Ketua DPRD harapkan Barito Utara raih yang terbaik di FSQ Kalteng