DPRD Palangka Raya berharap nilai-nilai Pancasila kembali diperkuat

id DPRD Palangka Raya , Sigit K Yunianto

DPRD Palangka Raya berharap nilai-nilai Pancasila kembali diperkuat

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto saat mempunyai rapat badan musyawarah (Banmus). Selasa (11/7/2023) ANTARA/M Husein Asy'ari

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Perawakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berharap pemerintah terus menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila ke generasi muda.

Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto di Palangka Raya mengatakan, upaya membumikan kembali nilai-nilai pancasika ke generasi muda sangat penting, khususnya saat ini dimana pengaruh globalisasi sudah menyerang hingga ke pelosok daerah.

Upaya mengenalkan kembali nilai-nilai pancasila tersbeut, antara lain melalui sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi.

Norma dan nilai Pancasila, tambah dia, merupakan jati diri bangsa, dan harus menjadi salah satu pedoman bagi generasi muda dalam membangun negara di masa depan.

Menurut Sigit, dinas terkait dan tenaga pendidik harus lebih intens untuk memberikan pembelajaran tentang norma-norma sebagaimana terkandung dalam Pancasila.

"Sudah menjadi kewajiban bagi dinas terkait dan juga para tenaga pendidik sebagai yang bersentuhan langsung dengan generasi bangsa /untuk memberikan edukasi pendidikan norma-norma kepada para siswa," katanya.

Menurut Sigit, kenakalan remaja, semakin meresahkan. Pengaruh obat-obatan terlarang sudah semakin sulit untuk dibendung, bukan hanya di daerah perkotaan tetapi telah sampai ke pelosok.

Sehingga, perlu gerakan dari seluruh masyarakat, untuk bisa mencegah dan mencari solusi secara terus menerus, agar generasi emas bangsa tetap terjaga dengan baik.