Jambore UMKM Kalteng perluas jaringan kemitraan pelaku usaha

id pemprov kalteng, jambore umkm 2023, gubernur kalteng, sugianto sabran, umkm kalteng, pelaku usaha, kalteng, kalimantan t

Jambore UMKM Kalteng perluas jaringan kemitraan pelaku usaha

Pembukaan Jambore UMKM Wilayah Tengah 2023 di Palangka Raya, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menyatakan, pelaksanaan Jambore UMKM Wilayah Tengah di Kota Palangka Raya menjadi sarana untuk semakin memperluas jaringan kemitraan para pelaku usaha.
 
"Jambore UMKM menjadi salah satu upaya pemprov untuk mempertemukan para pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya," katanya di sela kegiatan di Palangka Raya, Minggu.
 
Melalui pertemuan dengan para mitra dan berbagai pemangku kepentingan, diharap semakin mengembangkan sistem jaringan usaha melalui fasilitas kemitraan agar pemasaran menjadi semakin luas.
 
Wagub mengatakan, selaras dengan hal itu maka peningkatan produksi ataupun produktivitas UMKM merupakan salah satu fokus yang harus dicapai sepanjang tahun sesuai dengan yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, Jambore UMKM ini juga bertujuan memberi pencerahan motivasi usaha dalam rangka mendukung kesuksesan pelaku usaha dengan menyukseskan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).
 
"Gerakan BBI mencerminkan serangkaian upaya kita dalam memajukan bangsa, dengan mencintai produk lokal dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," tegas Edy Pratowo.

Baca juga: Wagub sebut kejuaraan sepeda dunia beri "multiplier effect" untuk Kalteng
 
Dia menekankan, Gerakan Nasional BBI harus terus digalakkan agar gairah masyarakat membeli produk lokal kian bangkit serta semakin meningkat.
 
"Ini diyakini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat yang kian meningkat," tuturnya.
 
Materi utama yang akan diangkat dalam rangkaian Jambore UMKM yakni seputar tranformasi UMKM berbasis go digital dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi UMKM.
 
Kegiatan ini menghadirkan narasumber di antaranya dari Otoritas Jasa Keuangan, Bank Kalteng, BPJS Ketengakerjaan Wilayah Kalteng, serta lainnya. Jambore UMKM Wilayah Tengah 2023 diikuti peserta sebanyak 5.000 orang.
 
"Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan UCI MTB Eliminator World Championship 2023 dan Betang Expo yang dilaksanakan DAD Kalteng, sehingga peserta yang hadir pada hari ini lebih dari target," jelasnya.

Baca juga: Disperpusip Kalteng mengusung Kabali bantu UMKM semakin berkembang

Baca juga: Pemprov Kalteng kenalkan Sirkuit MTB City SG 1973 untuk kejuaraan UCI MTB

Baca juga: Empat sektor basis Kalteng masuk kriteria prospektif