Pemprov Kalteng kenalkan Sirkuit MTB City SG 1973 untuk kejuaraan UCI MTB

id pemprov kalteng, kejuaraan sepeda dunia, uci mtb championship, palangkaraya, Sirkuit MTB City SG 1973, Stadion Tuah Paho

Pemprov Kalteng kenalkan Sirkuit MTB City SG 1973 untuk kejuaraan UCI MTB

Peluncuran Sirkuit MTB City SG 1973 di kawasan Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya sekaligus perkenalan para atlet dunia yang mengikuti UCI MTB Championship 2023, Sabtu (11/11/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meluncurkan sekaligus memperkenalkan Sirkuit MTB City SG 1973 di kawasan Stadion Tuah Pahoe Kota Palangka Raya tempat dilaksanakannya kejuaraan dunia UCI Mountain Bike (MTB) Championship 2023.
 
"Saat ini, perlu kiranya kita mematenkan nama sirkuit yang besok akan menjadi saksi lahirnya juara dunia UCI MTB Eliminator World Championship 2023 sebagai salah satu sejarah dunia dalam perjalanan olahraga khususnya balap sepeda gunung," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo di Palangka Raya, Sabtu.
 
Sirkuit MTB City SG 1973 memiliki karakteristik tersendiri karena memadukan jalanan aspal dan tanah sehingga cukup menantang. Karakteristik tersebut menjadi daya tarik bagi para pembalap sepeda dari seluruh dunia untuk menjajal sirkuit ini.

Baca juga: Disperpusip Kalteng selenggarakan resensi buku jaga kelestarian budaya Dayak
 
Dia mengatakan UCI MTB merupakan kejuaraan balap sepeda kelas dunia yang telah diselenggarakan di beberapa negara termasuk Indonesia.
 
Pihaknya pun berbangga karena tahun ini kali kedua Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen berskala internasional tersebut.
 
Edy Pratowo menyampaikan, ada puluhan peserta yang mengikuti kejuaraan dunia sepeda UCI MTB tersebut yang berasal dari berbagai negara, di antaranya Prancis, Swedia, India, Jepang, Kenya, Brazil, Spanyol serta lainnya.
 
"Menjadi harapan kita semua, agenda ini mampu memberikan daya dorong tak hanya dalam hal olahraga, tetapi juga dalam menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah," tuturnya.
 
Selain melakukan peluncuran sirkuit balap sepeda juga dilaksanakan parade atlet yang diperkenalkan kepada publik sebelum digunakan bertanding pada Minggu (12/11).

Baca juga: Pemprov Kalteng optimalkan intervensi pasar, jangkau kecamatan di Seruyan

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan Bersepeda Gembira sambut kejuaraan dunia UCI MTB

Baca juga: Empat sektor basis Kalteng masuk kriteria prospektif