Spanyol dampingi Brazil ke perempat final usai kandaskan Jepang

id timnas spanyol,perempat final,kalahkan, jepang,piala dunia,u17,stadion manahan,solo

Spanyol dampingi Brazil ke perempat final usai kandaskan Jepang

Pesepak bola Timnas Spanyol Marc Guiu (kanan) berebut bola udara dengan pesepak bola Timnas Jepang Kaito Tsuchiya (kiri) pada pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/YU (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Spanyol U-17 menemani Brazil U-17 ke perempat final Piala Dunia U-17 2023 Indonesia setelah menaklukkan Jepang U-17 dengan skor 2-1 di Stadion Manahan, Solo, Senin.


Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 pada babak pertama setelah gol Quim Junyent (8') disamakan oleh Gaku Nawata (40') lima menit jelang berakhirnya babak pertama. Setelahnya, gol Marc Guiu (73') pada babak kedua membawa La Rojita melenggang ke perempat final.

Tak terkalahkan selama babak penyisihan grup di Grup B, Spanyol tampil superior sejak peluit tanda pertandingan dimulai berbunyi. Alhasil, melalui Quim Junyent, Spanyol unggul cepat pada menit ke-8 setelah tendangan kaki kanan kerasnya gagal dibendung kiper Jepang, Goto. Pasukan Jose Lana unggul 1-0.

Pada menit ke-24, Spanyol hampir menggandakan keunggulan. Namun, Lopez Gomez gagal menyontek bola dengan baik di depan gawang Jepang setelah mendapat umpan dari Fort.

Lima menit jelang berakhirnya babak pertama, justru Jepang yang mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Sato adalah yang mengawali gol Samurai Biru dimana pesepak bola bernomor punggung 10 itu berhasil merebut bola yang dikuasai Munoz Navas sebelum kemudian mengirim bola ke tengah untuk diselesaikan oleh Gaku Nawata pada menit ke-40. Skor berubah menjadi 1-1 dan mengakhiri 45 menit pertama.

Memasuki babak kedua, Spanyol mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya, mereka mendapatkan peluang-peluang berbahaya seperti dua sontekan Paulo Iago yang dihalau Goto pada menit ke-64 dan yang membentur mistar gawang pada menit ke-70.

Gol yang dicari Spanyol akhirnya berbuah pada menit ke-73. Junyet yang menjadi aktor gol pertama kali ini menunjukkan kelasnya dengan memberi umpan terobosan ciamik dari sisi tengah.

Bola yang dikirim Junyet lalu menemui Guiu yang berdiri bebas di antara dua bek Jepang dan bintang muda FC Barcelona itu tak kesulitan menaklukkan Goto di bawah mistar gawang.

Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan membawa Spanyol ke perempat final. Sementara kekalahan ini membuat Jepang gagal mengulangi capaian yang sama pada edisi 1993 dan 2011 ketika mereka mencapai capaian terbaik yaitu babak 8 besar.

Spanyol akan memainkan laga perempat final pada Jumat (24/11) mendatang menghadapi pemenang laga antara Jerman melawan Amerika Serikat yang baru bermain besok Selasa (21/11) pukul 15.30 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.