Berikut bantuan sarpras Pemkab Kapuas untuk optimalisasi penanganan karhutla

id pemkab kapuas, sarpras karhutla, kebakaran hutan dan lahan, sekda kapuas septedy, bpbd kapuas, panahatan sinaga, kapuas, kuala kapuas

Berikut bantuan sarpras Pemkab Kapuas untuk optimalisasi penanganan karhutla

Prosesi serah terma bantuan barang peralatan penanggulangan karhutla kepada Polres Kapuas dan Kodim 1011 Kuala Kapuas, Jumat (24/11/2023). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melalui BPBD menyalurkan bantuan sarana prasarana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk Polres Kapuas dan Kodim 1011 Kuala Kapuas.
 
Penyerahan bantuan sarpras untuk memperkuat sinergi pemerintah daerah dengan TNI/Polri dalam pengedalian, pencegahan dan penanganan karhutla di wilayah Kapuas, kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas, Jumat.
 
"Sekaligus memperkuat sumber daya penanggulangan karhutla di Polres, Polsek, Kodim dan Koramil khususnya penyediaan sarana prasarana pengedalian kebakaran hutan dan lahan," terangnya.
 
Pemkab Kapuas juga berupaya meningkatkan koordinasi antara lembaga dengan pemerintah daerah dalam pengedalian, pencegahan dan penanggulangan karhutla di daerah setempat.
 
“Untuk sumber dana berasal dari APBD Kapuas 2023 melalui Belanja Tidak Terduga (BTT),” terang Panahatan.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas apresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur PWI
 
Adapun jenis bantuan yang diserahkan baik kepada Polres Kapuas maupun Kodim 1011 Kuala Kapuas, di antaranya masing-masing mendapatkan mesin pemadam honda GX.160 + pompa onga original + selang hisap spiral sebanyak 5 unit.
 
Kemudian nozzle spray gun optimax fire spray gun dengan kopling machino 1.5 inch sebanyak 5 buah, selang pemadan ukuran 1.5 inch X 30 meter dengan kopling machine sebanyak 25 rol, masker respirator gas set + kacamata sebanyak 10 buah.
 
Selanjutnya rofil filcr masker sebanyak 20 buah, sarung tangan damkar 4 set, drone DJI mini 4 pro sebanyak 2 unit dan tandon air profilla 1.200 sebanyak 3 buah.
 
Sementara itu dalam penyerahan bantuan itu, turut dihadiri Sekda Kapuas Septedy, Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono, serta perwakilan Dandim 1011 Kuala Kapuas.

Baca juga: Pemkab gelar seleksi terbuka Direktur Perumdam Tirta Pambelom

Baca juga: Dinkes Kapuas diminta evaluasi dan rumuskan pembangunan kesehatan

Baca juga: Pj Bupati berharap wartawan tergabung di PWI Kapuas semakin cerdas dan profesional