Dinkes Kapuas diminta evaluasi dan rumuskan pembangunan kesehatan

id Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Kapuas, kalteng

Dinkes Kapuas diminta evaluasi dan rumuskan pembangunan kesehatan

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, membuka secara resmi Rakernis Bidang Kesehatan semester II tahun 2023, Kamis (23/11/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi mengingatkan sekaligus meminta kepada Dinas Kesehatan setempat, agar dapat bersama-sama mengevaluasi dan merumuskan langkah-langkah dalam pembangunan kesehatan di kabupaten ini dengan menemukan formula yang tepat menuju Kapuas sehat.

"Bagaimana kita menuju untuk semakin lebih baik, melalui Rakernis inilah kita dapat mengetahui solusi-solusi yang diperlukan untuk bagaimana nantinya kesehatan di Kabupaten Kapuas ini bisa lebih meningkat lagi," kata Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Kamis (23/11).

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, saat membuka kegiatan Rapat Kerja Reknis (Rakernis) Bidang Kesehatan semester II tahun 2023, bertempat di salah satu aula hotel di Kuala Kapuas.

Kemudian, lanjutnya, sarana dan prasarana kesehatan di daerah setempat, akan terus diperhatikan dan akan dilengkapi secara bertahap, sebab dengan infrastruktur yang memadai akan mendukung efektivitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, dalam kesempatan itu Erlin mengajak seluruh Kepala UPT Puskesmas, Kepala UPT Labkesda dan Kepala Instalasi Farmasi beserta seluruh jajaran untuk selalu bersinergi dan memberikan kontribusi maksimal dalam pengembangan dan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah.

"Dengan adanya koordinasi dan kerja sama yang baik, hal ini dapat kita wujudkan untuk memberikan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas," demikian Erlin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawaty mengatakan, bahwa urusan Bidang Kesehatan memang merupakan tanggung jawab bersama, mulai dari kepala dinas, kepala Puskesmas beserta jajaran, Labkesda dan Instalasi Farmasi serta tentunya dengan di komando oleh kepala daerah.

Banyak program-program yang harus dilaksanakan sebelum berakhirnya tahun 2023 ini. Untuk itu kepala Puskesmas dan jajarannya sangat diharapkan untuk dapat melihat segala persoalan dan tantangan kesehatan di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga dapat segera terselesaikan.

Baca juga: Pj Bupati berharap wartawan tergabung di PWI Kapuas semakin cerdas dan profesional

"Jadi, kami berharap selalu terjaganya komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dari seluruh pihak sehingga program-program yang akan dilaksanakan dapat tertuntaskan dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata dr Tonun.

Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Rakernis ini yang mana rutin digelar setiap tahunnya, dengan tujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja dari seluruh UPT Dinas Kesehatan yang meliputi 26 puskesmas, Labkesda dan GFK.

Adapun peserta yang mengikuti Rakernis ini berjumlah 56 orang yang berasal dari 26 puskesmas, Instalasi Farmasi dan Labkesda di wilayah Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Kapuas catat rekor Muri kategori terbanyak guru bernyanyi

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas sambangi pemondokan beri motivasi kafilah MTQH

Baca juga: Pj Bupati Kapuas tak hadir, DPRD tunda Paripurna RAPBD 2024