Jelang Pemilu 2024, Pj Bupati pastikan Bartim dalam kondisi kondusif

id Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, bartim, kalteng

Jelang Pemilu 2024, Pj Bupati pastikan Bartim dalam kondisi kondusif

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan. ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

TamiangLayang (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan memastikan bahwa kondisi di kabupaten yang dipimpin dirinya dalam kondisi kondusi, sekalipun sekarang ini telah memasuki masa kampanye pemilihan umum tahun 2024.

"Sesuai dengan laporan dari kepolisian (Polres Bartim) bahwa kondisi saat ini masih kondusif," kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Rabu (29/11/2023).

Adapun indikator Bartim dalam kondisi kondusif yakni, aktivitas warga yang keluar rumah di malam hari tetap aman dan nyaman. Sekalipun jika ada insiden atau tidak adanya warga yang beraktivitas di malam hari, maka bisa disebut kondisi bartim sedang tidak aman atau kondusif.

Indra mengatakan saat ini Pemkab Bartim terus melakukan antisipasi mencegah terjadinya kerawanan dalam Pemilu 2024. Bahkan, pemkab selalu dan semakin memperkuat koordinasi dengan Polres Bartim maupun Polda Kalteng.

"Jika kami ada mendapat informasi peringatan terkait tidak kondusif, maka akan langsung ditindaklanjuti dengan berbagai langkah-langkah," kata dia.

Indra juga menegaskan, dirinya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan seluruh camat dengan ditindaklanjuti seluruh kepala desa, untuk berupaya menciptakan kondusifitas wilayah masing-masing selama proses Pemilu 2024.

"Kalau ada riak-riak, maka bagaimana kita melakukan antisipasinya nanti," tegas Pj Bupati Bartim ini.

Baca juga: Berikut jumlah caleg serta dapil dalam Pileg Bartim

Untuk diketahui, KPU Barito Timur sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 351 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan yang terdiri dari 100 desa dan tiga kelurahan.

Dari DPT sebanyak 81.100 jiwa itu terdiri dari pemilih perempuan sebanyak 39.993 jiwa dan pemilih laki-laki sebanyak 41.107 jiwa.

Sedangkan Pemilu Legislatif di Kabupaten Barito Timur terdiri dari tiga daerah pemilihan (dapil) yakni Dapil Barito Timur I meliputi Kecamatan Banua Lima, Dusun Timur, Patangkep tutui dengan jumlah penduduk 42.183 jiwa dengan alokasi kursi parlemen sebanyak sembilan kursi.

Sedangkan di Dapil Barito Timur terdiri dari Kecamatan Awang, Peju EPat, Karusen Janang dengan jumlah penduduk 26.768 jiwa dengan alokasi lima kursi parlemen. Sedangkan di Dapil Barito Timur 3 yakni Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah dengan jumlah penduduk 46.015 jiwa dengan alokasi 10 kursi parlemen.

Baca juga: Pj Bupati Bartim minta masyarakat jaga kebersihan cegah DBD

Baca juga: Bartim dinyatakan KLB DBD

Baca juga: Pengrajin rotan di Bartim dilatih keterampilan anyaman dan pengembangan usaha