Pemkot Palangka Raya terus berupaya tingkatkan kompetensi guru

id Disdik Palangka Raya,Hera Nugrahayu ,Kalteng ,Kualitas Guru

Pemkot Palangka Raya terus berupaya tingkatkan kompetensi guru

Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayani bersama tenaga pendidik di daerah itu dalam merayakan HUT guru belum lama ini. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat terus berupaya meningkatkan kompetensi guru yang ada di daerah setempat, sehingga kualitas pendidikan di daerah setempat terus meningkat.

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Senin, mengatakan peningkatan kompetensi guru tentunya tidak hanya dilakukan terhadap guru-guru yang berada di perkotaan saja, melainkan guru-guru yang jauh dari perkotaan juga dilibatkan.

"Maka dari itu komitmen untuk meningkatkan SDM terhadap guru juga terus dilakukan oleh Disdik setempat," kata Hera.

Ia menuturkan, meningkatkan kualitas guru dengan mendorong guru melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi, mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru, aktif melakukan penelitian, menciptakan budaya organisasi pembelajaran dan Gerakan Guru Membaca (G2M).

"Juga melalui peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui kualifikasi akademik guru, pendidikan dan pelatihan, uji sertifikasi, memberi kesempatan perbaikan pembelajaran," katanya.

Baca juga: Kerja sama BNNK dan Pemkot Palangka Raya cegah ASN terjerumus narkoba

Di lain pihak, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani menambahkan, Disdik  terus berupaya memperjuangkan dalam upaya mewujudkan serta melindungi serta melindungi hak-hak asasi dan martabat guru khususnya dalam aspek profesinya dan kesejahteraannya. Salah satunya melalui peningkatan kompetensi guru.

"Guru-guru di Palangka Raya harus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensinya lebih tinggi sebanding dengan perkembangan peluang dan tantangan yang ada. Sebab  Pemkot juga memfasilitasi dengan berbagai sarana dan anggaran pengembangan kompetensi guru," ungkapnya.

Ia menambahkan, guru juga bertugas untuk belajar sehingga bukan anak didik saja. Oleh karena itu, guru jangan berhenti belajar tetapi terus belajar menjadi guru yang baik.

"Cari inspirasi dengan bertukar pengalaman sesama guru. Jangan malas baca bukan hanya untuk memperkaya konten tetapi juga memperkaya ide dan kreativitas belajar mengajar," demikian Jayani.   

Baca juga: Warga Palangka Raya diajak dalam mencegah penyebaran DBD

Baca juga: Dukung pembangunan MPP di Kelurahan Pager Palangka Raya

Baca juga: Waspadai penurunan fungsi drainase saat musim hujan