Mahfud MD janji beri perhatian khusus pada pesantren di Indonesia

id Mahfud md,pesantren,cawapres

Mahfud MD janji beri perhatian khusus pada pesantren di Indonesia

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md usai menghadiri acara silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren, madrasah, dan dewan kemakmuran masjid (DKM) se-Jabotabek, Jakarta, Selasa malam (5/12/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan pihaknya berjanji akan memberi perhatian yang khusus pada pesantren-pesantren yang ada di Indonesia apabila dirinya bersama Ganjar Pranowo memenangkan Pilpres 2024.
  
Hal tersebut disampaikan Mahfud saat menghadiri acara silaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren, madrasah, dan dewan kemakmuran masjid (DKM) se-Jabotabek, Selasa malam (5/12). Perhatian penuh pada pesantren tersebut akan diwujudkan melalui program-program unggulan yang diusung pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud.
  
"Saya memberi perhatian khusus terhadap pesantren. Malah kami akan melanjutkan kebijakan pemerintah yang lalu. Zaman pak Jokowi itu ada UU Pesantren, ada Hari Santri Nasional, ada dana abadi pesantren Rp128 triliun. Nanti itu kita kelola. Itu satu warisan yang bagus yang dibuat oleh pemerintah kemarin untuk kami lanjutkan dengan di-manage secara lebih baik," kata Mahfud di iNews Tower, Jakarta, Selasa (5/12) malam.
  
Salah satu program yang diperkenalkan Mahfud yaitu peningkatan kesejahteraan guru-guru madrasah dan pesantren agar mendapatkan honor yang layak.
  
Selain itu, kata Mahfud, pihaknya juga akan mengusahakan agar para guru agama tersebut tetap mengabdi di institusi asalnya apabila telah disetarakan dan disertifikasi oleh pemerintah.
  
Selama ini, menurut dia, para lulusan pesantren hanya mengandalkan diri sendiri untuk mencapai kesuksesan dalam mengembangkan bisnis. Dia pun menyayangkan kondisi tersebut.
  
Mengingat hal tersebut, Mahfud mengatakan pihaknya juga akan membangun ekosistem pesantren agar melahirkan santri yang siap kerja dan menjadi pengusaha melalui bantuan atau fasilitas yang sudah disiapkan.

Baca juga: Ganjar Pranowo berencana sambangi IKN
Baca juga: Bawaslu serahkan format debat capres-cawapres ke KPU asal sesuai UU

  
Dalam hal kelembagaan, Mahfud ingin agar Ma'had Aly yang ada di Indonesia dapat dikembangkan lebih jauh bahkan difasilitasi agar bisa bersaing di tingkat internasional. Ma'had Aly sendiri merupakan satuan pendidikan di lingkungan pesantren yang setara dengan pendidikan tinggi.
  
"Agar pesantren itu go international secara lembaga, bukan orang atau murid usaha sendiri tanpa kita bantu, yang sesudah berhasil (kerap) kita klaim 'Wah, itu dari pesantren'," kata Mahfud.
  
Pada 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres yang menjadi peserta Pilpres 2024.
  
Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1. Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
  
KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.