DPRD Palangka Raya : Optimalkan serapan anggaran tahun 2024

id DPRD Palangka Raya,Mukarammah,serapan anggaran tahun 2024

DPRD Palangka Raya : Optimalkan serapan anggaran tahun 2024

Legislator Kota Palangka Raya Mukarramah. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua II Komisi A DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Mukarramah berharap agar pemerintah sudah memiliki strategi dalam mengoptimalkan serapan anggaran tahun 2024. Harapan itu dia sampaikan agar pembangunan yang dilakukan tahun mendatang benar-benar merupakan program prioritas.

"Realisasi dan serapan anggaran tahun 2024 kita harapkan lebih fokus kepada hal-hal yang memang sangat mendesak atau prioritas. Maka untuk senantiasa memaksimalkan serapan anggaran sesuai regulasi yang ada,” kata Mukarammah, Kamis.

Menurut dia, serapan anggaran menjadi penting karena setiap triwulan pemerintah melalui dinas terkait harus mampu mencapai target-target persentase realisasi yang telah ditentukan. Melalui strategi pengoptimalan itu juga untuk memastikan efisiensi dan efektivitas anggaran.


"Gara program pembangunan yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik," bebernya.

Saat ini kita sudah memasuki triwulan terakhir, semua OPD diharapkan mampu melakukan serapan anggaran secara optimal, sehingga capaian pembangunan bisa terealisasi tepat waktu,” tukasnya.

Kebiasaan masih rendahnya serapan anggaran perangkat daerah, lebih dikarenakan banyaknya program kegiatan yang belum terlaksana maksimal. Apabila belum terlaksana maksimal maka bisa saja akan menumpuknya serapan anggaran pada setiap program, sehingga berdampak pada kualitas pembangunan.

"Misal pembangunan fisik dapat dilakukan lebih awal. Begitu pula laporan administrasi bisa berjalan sesuai dengan kualitas serta selesai tepat waktu," demikian Mukarammah.