Legislator bangga pelajar Gumas mampu berprestasi di kancah internasional

id DPRD Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Pebrianto, DPRD gumas, gumas, Gunung Mas, kalteng

Legislator bangga pelajar Gumas mampu berprestasi di kancah internasional

Legislator Kabupaten Gunung Mas Pebrianto. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Pebrianto mengaku bangga terhadap keberhasilan pelajar SMA Negeri 1 Kuala Kurun Kevin Joseph Serang, yang meraih medali perunggu pada ajang olimpiade matematika internasional, yakni World Mathematics Team Championship (WMTC) di Korea Selatan, 24-28 November 2023.

"Keberhasilan tersebut menjadi kebanggaan kita bersama. Kebanggaan bagi Indonesia, Kalteng, dan Gunung Mas," ucap politisi PDI Perjuangan itu saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Jumat.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya itu menyebut, keberhasilan Kevin sekaligus menjadi bukti bahwa generasi muda Gunung Mas bisa bersaing di kancah internasional.

Dia berharap prestasi Kevin akan memacu generasi muda Gunung Mas lainnya, supaya mereka percaya diri untuk mengikuti berbagai perlombaan, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional.

"Kevin sudah membuktikan bahwa generasi muda Gunung Mas bisa bersaing di tingkat Internasional. Saya yakin generasi muda lainnya juga bisa seperti itu, asalkan ada niat, kemauan, usaha dan doa," kata Pebrianto.

Di sisi lain, pria kelahiran Desa Tumbang Jutuh, Kecamatan Rungan ini juga berharap Kevin tidak cepat berpuas diri, terhadap capaian medali perunggu pada ajang WMTC Korea Selatan 2023.

Anggoat DPRD Gunung Mas itu pun berharap Kevin tetap belajar dengan tekun dan giat, supaya nantinya bisa meraih medali yang lebih baik pada berbagai ajang olimpiade matematika internasional lainnya.

Diberitakan sebelumnya, pelajar SMA Negeri 1 Kuala Kurun, Kevin Joseph Serang, meraih medali perunggu pada ajang olimpiade matematika internasional yakni WMTC di Korea Selatan, 24-28 November 2023.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang juga selaku guru pendamping, Riana mengatakan bahwa Kevin tergabung dalam tim Indonesia, di bawah lembaga konsultan pendidikan yakni Astana Ilmu. Di dalam tim tersebut Kevin tergabung dengan berbagai pelajar dari daerah lain.

Pada ajang tersebut tim Indonesia mengikuti lomba yang memiliki tiga ronde yakni individual, relay, dan team. Pada kategori intermediate level, Kevin berhasil meraih perunggu kategori individual round.

Lainnya, Kevin Joseph Serang menyampaikan bahwa dirinya berhasil meraih medali berkat kerja keras dan dukungan dari seluruh pihak. Kerja keras yang dimaksud di sini antara lain mempersiapkan diri secara intens sejak awal November 2023, dibina oleh Astana Ilmu dan sekolah.

Baca juga: Legislator Gumas gunakan pokir untuk pengadaan dua ambulans

Selama mengikuti WMTC 2023, dia juga harus beradaptasi dengan cuaca Korea Selatan yang saat itu memasuki musim dingin, di mana suhu rata-rata beberapa derajat di bawah titik beku atau di bawah 0 derajat celcius.

Sebelum mengikuti WMTC 2023, Kevin sempat mengikuti seleksi ajang matematika internasional lainnya. Jika dibandingkan, WMTC 2023 terbilang lebih susah karena soal-soalnya berbahasa Inggris dan tidak ada terjemahan bahasa Indonesia.

"Soalnya menggunakan bahasa Inggris. Jadi kalau salah menerjemahkan jawabannya juga salah.  Namun syukurlah saya masih bisa meraih perunggu," demikian Kevin.

Baca juga: Keberadaan SIAPDES diharap berimbas pada kinerja perangkat desa di Gumas

Baca juga: Hari Bakti PU jadi momentum tingkatkan pembangunan Gunung Mas

Baca juga: Tiga desa/kelurahan di Gumas akhirnya merasakan listrik PLN