Kirab warnai pelantikan 81 kepala desa di Kotim, simbol Habaring Hurung

id Kirab warnai pelantikan 81 kepala desa di Kotim, simbol HabaringHurung, kalteng, kotim, Kotawaringin Barat, sampit

Kirab warnai pelantikan 81 kepala desa di Kotim, simbol Habaring Hurung

Acara kirab meriahkan pelantikan 81 kepala desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (11/12/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor melantik 81 kepala desa (Kades) secara serentak dalam rangkaian acara yang dimeriahkan dengan kirab atau parade para kepala desa sebagai simbol Habaring Hurung atau gotong royong yang menjadi motto daerah setempat. 

“Kirab ini sesuai dengan motto kita Habaring Hurung yang berarti gotong royong yang identik dengan kekompakan dan kebersamaan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit, Senin. 

Acara kirab ini memberikan nuansa awal pekan yang berbeda bagi masyarakat Kota Sampit, khususnya yang beraktivitas di sekitar Jalan Achmad Yani sekira pukul 08:00 WIB. 

Kirab dimeriahkan dengan pertunjukan drumband lalu diikuti rombongan kepala desa. Rombongan kepala desa yang kompak mengenakan seragam putih ini dipimpin langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Kepala DPMD Raihansyah. 

Sebanyak 81 kepala desa dengan penuh semangat dan senyum lebar berjalan kaki serentak dari rumah jabatan bupati hingga halaman kantor Bupati Kotawaringin Timur, tempat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan. 

“Kirab jalan kaki ini sebagai filosofi bahwa kita bergerak bersama-sama untuk membangun Kotawaringin Timur, karena kekompakan dan kebersamaan itu modal utama kita untuk memajukan daerah, terutama desa-desa yang ada di wilayah ini,” ucap Raihansyah. 

Baca juga: Moratorium masih jadi sandungan pembentukan BNNK Kotim

Kirab ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat langsung 81 kepala desa yang akan dilantik. Saat kirab berlangsung Jalan Achmad Yani sejauh 400 meter yang akan dilalui para Kades ditutup sementara. 

Sebelum melakukan kirab, digelar acara syukuran di rumah jabatan bupati atas terlaksananya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 76 desa pada 23 September lalu dengan lancar, damai, aman dan kondusif. 

Setibanya di lokasi yang dituju, 81 kepala desa itu melintasi di depan panggung kehormatan yang ditempati para tamu undangan. Kemudian mereka menuju tengah halaman untuk mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Bupati, dengan penuh khidmat disaksikan oleh keluarga dan kerabat dekat. 

Dijelaskan, bahwa 81 kepala desa yang dilantik hari ini terdiri dari 76 Kades hasil Pilkades serentak di 76 desa, 3 Kades PAW, dan 2 Penjabat Kades. PAW dan Penjabat kepala desa ini untuk mengisi posisi Kades yang kosong karena pejabat sebelumnya memilih mengundurkan diri untuk mengikuti pemilihan legislatif dan ada pula yang telah habis masa jabatan saat tahapan Pilkades Serentak telah berjalan. 

Raihansyah menambahkan pelantikan kepala desa hasil Pilkades serentak kali ini memang sedikit berbeda. Suasana baru ini diharapkan memberikan kesan positif dan memotivasi para Kades untuk memulai tugasnya dengan penuh semangat. 

Baca juga: Penerbangan TransNusa di Kotim masih terhambat

Baca juga: Kotim akhirnya miliki rumah singgah untuk tangani PPKS

Baca juga: Pimpin pelantikan 81 Kades di Kotim, Bupati ingatkan jaga netralitas