Pengurus Karang Taruna se-Kalteng kumpul di Sampit perkuat peran di masyarakat

id Pengurus Karang Taruna se-Kalteng kumpul di Sampit perkuat peran di masyarakat, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Karang taruna

Pengurus Karang Taruna se-Kalteng kumpul di Sampit perkuat peran di masyarakat

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Candra Ardinata memberikan sambutan saat ramah-ramah dengan peserta Bulan Bakti Karang Taruna dari kabupaten dan kota yang telah tiba di Sampit, Jumat (15/12/2023) malam. ANTARA/HO-Karang Taruna

Sampit (ANTARA) - Pengurus Karang Taruna kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah berkumpul di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur mengikuti Bulan Bakti Karang Taruna, sekaligus menyamakan persepsi untuk memperkuat peran di masyarakat. 

"Karang Taruna berencana untuk memaksimalkan pelaksanaan acara di awal tahun yang bertujuan untuk semakin meriah dan bisa diikuti oleh banyak orang. Inti dari kegiatan Karang Taruna adalah semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun segala sesuatu yang positif," kata Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Candra Ardinata di Sampit, Sabtu. 

Peserta Bulan Bakti Karang Taruna dari kabupaten dan kota sudah tiba di Sampit pada Jumat (15/12). Malam harinya mereka dijamu dalam acara ramah tamah yang bertajuk "Gala Dinner" dengan tema Semangat untuk Bersinergi. 

Kegiatan akan berlangsung hingga Senin (18/12). Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di antaranya bakti sosial, rapat kerja, kunjungan wisata ke Pantai Ujung Pandaran dan beberapa lokasi lainnya serta hiburan. 

Untuk memeriahkan Bulan Bakti Karang Taruna ini, panitia juga menggelar bazar UMKM di halaman Citimall Sampit. Acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan dan lomba seperti lomba tari daerah. 

Baca juga: DPMD Kotim kawal serah terima aset setelah pelantikan 81 kepala desa

Candra menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan ini. Secara khusus dia mengapresiasi keikutsertaan seluruh pengurus Karang Taruna kabupaten se-Kalimantan Tengah. 

Dia kembali mengingatkan bahwa Karang Taruna mempunyai peran yang strategis dalam membantu pemerintah dan masyarakat, khususnya dalam bidang sosial, ekonomi dan lainnya. Untuk itu dia mengajak seluruh warga Karang Taruna untuk meningkatkan peran melalui organisasi ini. 

Bulan Bakti Karang Taruna yang digelar di akhir tahun ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang sehingga pengurus Karang Taruna tetap bersemangat namun tetap realistis dalam merencanakan dan melaksanakan program kerja. 

"Semoga kegiatan Karang Taruna di masa mendatang terus sukses dan memberikan kebaikan bagi masyarakat. Mari kita bergabung dengan semangat positif dan gotong royong dalam membangun sesuatu yang baik bagi masyarakat di sekitar kita,” harap Candra. 

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Kotawaringin Timur Masgalba, mengucapkan syukur bahwa acara ini dapat terlaksana dengan baik berdasarkan beberapa kali rakornis atau rapat koordinasi sebelumnya. Dia juga berterima kasih kepada para fasilitator meskipun mereka juga memiliki beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. 

“Meskipun waktu sangat sempit dan terbatas, kami senang karena Karang Taruna Kotim yang dipercaya sebagai tuan rumah, bisa mengadakan acara dengan baik,” demikian Masgajalba. 

Baca juga: Bupati Kotim minta OPD utamakan penggunaan produk dalam negeri

Baca juga: Ketua DPRD Kotim sarankan penghuni rumah singgah dibekali keterampilan berkebun

Baca juga: Pemkab Kotim sisihkan Rp5 miliar perbaiki jalan dan drainase di Pasar Samuda