DWP Kotim diminta berperan aktif dalam pembangunan

id DWP Kotim diminta berperan aktif dalam pembangunan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim

DWP Kotim diminta berperan aktif dalam pembangunan

Suasana peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Jumat(22/12/2023). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diminta lebih berperan aktif dalam pembangunan untuk mendukung keberhasilan program pemerintah.

“Sebagai istri ASN, anggota DWP dituntut secara optimal berperan aktif dalam pembangunan nasional untuk mendukung keberhasilan program pemerintah,” kata Asisten I Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur Rihel di Sampit, Jumat. 

Hal ini ia sampaikan pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 DWP di Gedung Serbaguna, Sampit. HUT DWP kali ini mengangkat tema peran strategis perempuan dalam pembangunan berkelanjutan. 

Sesuai dengan tema yang diusung tersebut Rihel mengatakan, perempuan berperan besar, baik sebagai pribadi, istri, ibu serta warga negara yang berkewajiban mendidik generasi penerus. 

Perempuan juga harus dapat mengambil bagian dalam peningkatan pembangunan suatu bangsa. Pembangunan yang utuh dan menyeluruh dari suatu bangsa menuntut peranan penuh dari kaum perempuan dalam segala bidang kehidupan. 

Di sisi lain, perempuan adalah seorang istri yang diharapkan mampu menjadi pendamping dan pendukung keberhasilan suami yang bertugas sebagai ASN, di samping sebagai ibu dari putra-putrinya. 

Oleh sebab itu, sebagai istri ASN diharapkan selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi penuh dalam penyelesaian masalah-masalah terutama pada unit terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga dan tetangga. 

“Jadilah sosok ibu, istri, dan anggota masyarakat yang dapat diteladani sebab saat ini kita sangat membutuhkan sosok panutan yang mampu menanamkan nilai-nilai moral di masyarakat,” pesannya.

DWP sebagai organisasi wanita dengan jumlah anggota cukup besar diharapkan dapat mengevaluasi pelaksanaan program kerja organisasi, sehingga diperoleh informasi program-program yang sudah berjalan optimal maupun program yang masih perlu ditingkatkan. 

Dengan peringatan HUT ke-24 diharapkan DWP Kotawaringin Timur memperoleh semangat baru dan ide-ide baru untuk memperbaiki dan meningkatkan hal-hal yang dirasa belum maksimal. 

Baca juga: 45 WBP Lapas Sampit dapat remisi khusus Natal

Upaya ini penting untuk mendorong kinerja DWP Kotawaringin Timur sesuai dengan tujuan didirikannya organisasi, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan anggota bukan dari materi saja, tetapi juga wawasan, pengetahuan dan keterampilan. 

“Dengan usia ini seharusnya Dharma Wanita Persatuan menjadi organisasi yang berkualitas, mandiri dan dapat diandalkan untuk mendukung program-program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah,” demikian Rihel. 

Sementara itu, Ketua DWP Kotawaringin Timur Sepnita menyampaikan pendidikan, khususnya pendidikan dalam keluarga, menempatkan perempuan sebagai aktor kunci di dalamnya.

Sebab, pendidikan merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan berkelanjutan, perempuan memiliki andil besar dalam proses perwujudannya. Hal ini sesuai dengan amanat yang disampaikan Ketua Umum DWP Indonesia. 

“Oleh karena itu, sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan sudah sepatutnya kita sebagai perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat, seperti yang selama ini kita lakukan bersama organisasi yang kita cintai ini,” ucapnya. 

Sejalan dengan pesan yang disampaikan R.A Kartini sebagai pelopor kebangkitan kaum perempuan, organisasi DWP diharapkan bisa menjadi rumah bagi pengurus maupun anggotanya, sekaligus menjadi pilar penting dalam penguatan peranan perempuan Indonesia. 

Sebagai rumah, organisasi ini terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggota untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing-masing dapat berkembang secara optimal.

Sedangkan, sebagai pilar pembangunan, ibu-ibu pengurus dan anggota DWP merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam pembangunan keluarga masyarakat dan bangsa. 

“Marilah kita manfaatkan momentum ini untuk bersyukur atas perjalanan DWP yang panjang dan tak luput dari tantangan, juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah kita tempuh sebagai bekal melaju ke depan,” tuturnya. 

Baca juga: Palangka Raya juara umum Festival Tandak Intan Kaharingan

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar bantu nelayan Desa Sebabi kembangkan usaha perikanan

Baca juga: UMPR sosialisasikan kemudahan program RPL bagi tenaga kontrak Kotim