Teras Narang ajak diaspora asal Kalteng sokong generasi muda berkualitas

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Kalimantan Tengah, Kalteng, diaspora, diaspora asal Kalteng

Teras Narang ajak diaspora asal Kalteng sokong generasi muda berkualitas

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat sharing series diaspora asal Kalteng bertema Utus Itah Ela Laya melalui virtual, Sabtu (13/1/2024) malam. ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mengajak sekaligus mendorong diaspora asal Kalimantan Tengah yang tinggal maupun menempuh pendidikan di berbagai negara luar, agar terus bersemangat menyokong terciptanya generasi muda Indonesia berkualitas.

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur digadang-gadang menjadi smart city atau kota cerdas, kata Teras Narang saat sharing series diaspora Kalteng bertema Utus Itah Ela Laya melalui virtual, Sabtu malam.

"Untuk itu, IKN Nusantara pasti akan memerlukan generasi cerdas sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda Kalimantan, termasuk di Kalteng. Itulah kenapa Diaspora asal Kalteng perlu menyokong terciptanya generasi muda berkualitas," ucapnya.

Menurut dirinya, pernyataan itu untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kapasitas diri generasi muda Kalimantan Tengah, Manggatang Utus. Termasuk mendorong bangkitnya kembali generasi muda Kalteng menjadi generasi cerdas yang akan mengisi pembangunan bangsa dan di IKN Nusantara.

Teras Narang mengatakan, bagaimana pun generas muda Kalteng pastinya tidak ingin hanya menjadi penonton. Melainkan ingin terlibat dan memberikan yang terbaik dalam rangka kepentingan dan kesejahteraan bersama.

"Harapan inilah yang membuat saya berharap diaspora Kalimantan Tengah, Utus Itah yang tinggal di berbagai negara luar, untuk membangkitkan 'hambruan" semangat diri untuk bergerak membangun bersama," kata dia.

Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu menyebut, diaspora mesti menyokong perbaikan pendidikan dan kesehatan sebagai jalan bersama untuk membangun generasi penerus daerah dan bangsa Indonesia.

Diaspora Kalimantan Tengah di berbagai negara, bisa membagikan pengetahuan hingga pengalamannya untuk turut mendukung tumbuhnya semangat menempuh pendidikan lebih, bagi generasi penerus Kalimantan Tengah.

"Itu sebabnya saat saya dipercaya memimpin Kalimantan Tengah, bidang pendidikan dan kesehatan selalu menjadi perhatian dan program utama," kata Teras Narang.

Baca juga: Awal 2024 maskapai Citilink layani rute Pangkalan Bun-Jakarta

Dirinya pun menyampaikan ucapan terima kasih untuk diaspora Kalimantan Tengah, generasi muda yang studi atau pernah studi di berbagai perguruan tinggi Australia, Amerika Serikat, dan negara-negara lainnya. Di mana para diaspora asal Kalteng di sharing series ini berkenan berbagi tips bagaimana mendapatkan akses beasiswa ke berbagai negara," kata dia.

Apresiasi juga untuk utus itah yang jadi profesional di Singapura hingga Amerika. Mereka yang membuka usaha dan lapangan kerja di negara bagian. Untuk itu, saya berharap kisah dan tips hingga trik perjuangan mereka, khususnya dalam menempuh studi di luar negeri, bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang muda Kalimantan Tengah lainnya. 

Anggota DPD RI ini pun menyatakan dirinya secara pribadi juga siap memberikan rekomendasi, bilamana ada anak-anak muda yang berprestasi dan ingin melanjutkan studi di luar negeri dan membutuhkan surat rekomendasi tersebut.

"Demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan utus itah mari bergerak bersama dengan perlindungan Tuhan. Semoga ini jadi pendorong bagi kita khususnya Utus Itah Ela Laya untuk berbuat bagi lewu, daerah kita tercinta, bagi kepentingan bersama," demikian Teras Narang.

Baca juga: Food estate di Kalteng jadi sorotan, Teras Narang ajak publik objektif

Baca juga: Hargai karya saat bertugas, Teras Narang berbagi tali asih ke pendeta emeritus

Baca juga: Masyarakat keluhkan limbah, tambak udang vaname di Sukamara perlu diaudit