Berikut sederet desainer Indonesia yang karyanya dipakai artis mancanegara

id desainer Indonesia,artis mancanegara

Berikut sederet desainer Indonesia yang karyanya dipakai artis mancanegara

Tampilan gaun rancangan Yogie Pratama saat dipakai penyanyi asal Amerika Serikat Christina Aguilera. (ANTARA/Instagram.com @mryogiepratama)

Jakarta (ANTARA) - Awal tahun ini, Indonesia dibuat bangga oleh perancang busana asal Indonesia Yogie Pratama yang menggarap busana untuk penyanyi top dunia Christina Aguilera.

Rancangan karya desainer lulusan ESMOD Jakarta serta Ecole de la Chambre Syndicale de la Couture Parisienne, Paris, Prancis ini digunakan oleh Christina Aguilera dalam acara Voltaire di Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu 31 Desember 2023.

Dari unggahan foto dan video di akun instagram pribadi milik Yogie, penyanyi Amerika tersebut tampak anggun menggunakan balutan gaun mini berwarna dasar putih gading yang dihiasi rantai berderet berwarna perak.

Baca juga: Yogie Pratama rancang busana untuk Christina Aguilera

Selain Yogie Pratama, Indonesia juga pernah dibuat bangga oleh deretan desainer yang rancangannya dipakai oleh artis papan atas dunia. Berikut ini daftarnya;

1. Tex Saverio
Hasil rancangan desainer muda Indonesia lulusan Bunka Fashion School ini sudah dipakai oleh beberapa artis top dunia salah satunya Lady Gaga. Penyanyi papan atas Amerika tersebut menggunakan rancangan karya Tex di majalah Harper's Bazaar pada tahun 2013.

Busana rancangan Tex ini juga pernah dikenakan oleh Jennifer Lawrence dalam film box office Hollywood "The Hunger Games : Catching Fire". Tak hanya itu, yang lebih membanggakan lagi, Tex berhasil mencatatkan namanya sebagai desainer dan label asal Indonesia pertama yang tampil dalam Paris Fashion Week pada September 2013.

2. Sebastian Gunawan
Desainer kondang yang akrab disapa Seba ini dikenal dengan keindahan gaun rancangannya. Hasil karya pria lulusan Instituto Artistico Dell'abbigliamento di Milan, Italia, ini juga pernah digunakan oleh seniman papan atas Amerika Serikat saat tampil di berbagai kegiatan akbar.

 

Terlihat beberapa penyanyi dan selebriti Hollywood yang pernah menggunakan busana karya Seba diantaranya Kesha saat tampil di acara "Tonight Show Starring Jimmy Fallon" di New York, aktris Nicole Sheridan saat menghadiri Cannes Film Festival, hingga Lea Michele pada salah satu adegan di serial Amerika Serikat "Glee!"

3. Fahrani Pawaka
Fahrani Pawaka yang sempat dikenal sebagai model dan aktris kini melebarkan sayapnya ke dunia fashion. Ia menjadi desainer kacamata dengan label Cast Eyewear. Produk yang dibuat Fahrani dengan konsep unik dan eksentrik ini telah berhasil menembus pasar Amerika dan
Eropa.

Deretan artis top dunia juga kerap terlihat tampil dengan kacamata rancangan pemain film "Radit & Jani" tersebut. Adapun sejumlah artis top dunia yang menggunakan produk Cast Eyewear diantaranya: Tyra Banks, Dakota Fanning, Cara Delevingne, Lady Gaga, hingga Rihanna.

Baca juga: Tasya Farasya gandeng desainer Tex Saverio luncurkan eyeshadow palette

4. Nancy Go
Nancy Go merupakan desainer lulusan Susan Budiardjo Fashion College. Ia mendirikan jenama tas yang diberi nama Bagteria pada tahun 2000 lalu. Bagteria dikenal dengan rancangan tas eksklusif yang menggunakan teknik sulam, renda, hingga payet.

Sederet hasil rancangan Nancy Go ini pernah dipajang di New York Fashion Week. Tak hanya itu, sejumlah artis papan atas juga pernah menggunakan hasil karya Nancy, diantaranya: Audrey Tautou, Blake Lively, hingga sosialita Amerika Serikat Paris Hilton.

5. Sabbatha Rahzuardi
Desainer kondang Indonesia pemilik tas mewah Sabbatha, Sabbatha Rahzuardi juga karyanya pernah digunakan oleh artis papan atas. Deretan artis dan model papan atas Amerika Serikat yang pernah menggunakan karya desainer lulusan Sorbonne University Prancis ini diantaranya; supermodel Elle Mc Pherson, Katie Holmes, hingga aktris senior Hollywood Julia Roberts.