Kepala desa di wilayah hulu Kapuas diminta aktif bantu korban banjir

id Kepala desa di wilayah hulu Kapuas diminta aktif bantu korban banjir, kalteng, kapuas, Kuala Kapuas, banjir

Kepala desa di wilayah hulu Kapuas diminta aktif bantu korban banjir

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, meminta kepala desa yang wilayahnya dilanda banjir agar aktif membantu warga terdampak musibah tersebut.

“Khususnya 25 desa dari enam kecamatan di wilayah Hulu Kapuas, yang terdampak banjir saat ini,” kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Minggu.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi melaksanakan kunjungan kerja meninjau langsung desa yang dilanda banjir di enam kecamatan daerah setempat.

Selain itu, mantan Kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini, juga meminta setiap kepala desa menyiapkan pos anggaran melalui APBDes untuk program penanggulangan bencana.

“Sehingga, warganya yang terdampak banjir bisa menerima bantuan dari desa, dan terbantukan,” katanya.

Kepala desa juga diharapkan memberikan imbauan kepada warganya yang terdampak banjir untuk selalu waspada terhadap bencana hidrometrologi curah hujan yang cukup tinggi. Khususnya masyarakat yang berada di bantaran sungai dan kawasan rawan bencana banjir.

Baca juga: Waket DPRD ajak masyarakat cermati kampanye peserta pemilu bantu menentukan pilihan

“Berdasarkan data dari BPBD Kapuas, dalam bulan Januari ini, curah hujan cukup tinggi, dan kita harus tetap waspada,” demikian Budi Kurniawan.

Sebelumnya, berdasarkan data dari BPBD kabupaten setempat, ada sebanyak 6.545 kepala keluarga atau 23.245 jiwa terdampak banjir di 25 desa dari 6 kecamatan.

Bencana banjir tersebut menyebabkan 3.940 unit rumah terendam, 53 sarana pendidikan, 11 sarana kesehatan, 47 rumah ibadah, 57 fasilitas umum dan 95 titik akses jalan juga terendam.

Enam kecamatan terdampak banjir yaitu, meliputi Kecamatan Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Dadahup dan Kecamatan Timpah.

Untuk ketinggian air bervariasi mulai dari 80-190 centimeter. Panahatan pun mengimbau warga untuk tetap waspada karena selama Januari ini diprediksi curah hujan masih terus terjadi.

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan penanganan banjir di sejumlah daerah

Baca juga: Enam kecamatan di Kapuas kembali dilanda banjir

Baca juga: PKK-Dinsos Kapuas salurkan bantuan kepada lansia dan anak telantar