Muhammadiyah Barito Utara salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir

id muhammadiyah barito utara,lazismu,bantuan ,terdampak banjir,jingah,barut,barito utara,kalteng,muhammadiyah,pdm barut,banjir barut,banjir barito utara

Muhammadiyah Barito Utara salurkan bantuan untuk warga terdampak banjir

Personel Lazismu Barito Utara menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru.ANTARA/HO-PDM Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) melakukan penggalangan dana serta menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Barito dan anak sungainya di wilayah setempat.

"Yang sudah kami lakukan saat ini adalah membantu evakuasi warga yang terdampak banjir ke Posko Kecamatan Teweh Tengah, serta membagikan bahan makanan serta perlengkapan bayi seperti popok bayi dan susu di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Baru," kata Sekretaris PDM Barito Utara Dadang Ma'mun di Muara Teweh, Senin.

Menurut Dadang, Tim Relawan Muhammadiyah Barito Utara juga selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan posko BPBD, Kecamatan Teweh Tengah dan dapur umum untuk menyalurkan bantuan dan memberikan pertolongan kepada korban banjir. 
 
Sekretaris PDM Barito Utara Dadang Ma'mun ikut menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kelurahan Jingah, Kecamatan Teweh Tengah.ANTARA/HO-PDM Barito Utara


Masyarakat kini, kata dia, membutuhkan bantuan kesehatan pasca banjir untuk mencegah adanya penyakit kulit dan diare.

“Kami membuka donasi banjir. Sudah ada beberapa yang kami terima. Baik barang maupun uang. Mengingat besarnya banjir kali ini, kami membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari para dermawan guna meringankan beban saudara-saudara yang terkena musibah," jelas Dadang.

Ketua PDM Barito Utara Dr Rakhmat Muratni menambahkan ini merupakan langkah awal pihaknya dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan, semoga ke depannya banyak lagi yang terlibat baik dari warga persyarikatan atau masyarakat umum serta amal usaha Muhammadiyah di seluruh Barito Utara.

"Ini juga banyak relawan Muhammadiyah yang membantu meringankan kebencanaan di Barito Utara ini serta mengaktifkan dapur umum yang pembangunannya sudah mencapai 80 persen sehingga dapat melayani warga yang membutuhkan lebih maksimal lagi," kata Rakhmat.

Untuk donasi berupa uang, bisa ditransfer ke rekening LazisMu Barito Utara Bank Syariah Indonesia Nomor 7099983234. Selanjutnya bisa konfirmasi ke Wahyudi di 085248366754.