Pemkab Gunung Mas kucurkan Rp1 miliar dukung program TMMD

id Pemkab Gunung Mas kucurkan Rp1 miliar dukung program TMMD, kalteng, gumas, Gunung mas

Pemkab Gunung Mas kucurkan Rp1 miliar dukung program TMMD

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing didampingi Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat menyerahkan bantuan kepada salah satu warga, saat pembukaan program TMDD di Desa Bangun Sari Kecamatan Manuhing, Selasa (20/2/2024). ANTARA/HO-TNI

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengucurkan anggaran senilai Rp1 miliar untuk mendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Desa Bangun Sari, Kecamatan Manuhing.

“Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan TMMD, yang dalam pelaksanaannya sangat membantu mempercepat proses pembangunan,” ucap Wakil Bupati Efrensia LP Umbing di Kuala Kurun, Rabu.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas ini menjelaskan, pembukaan TMMD ke-199 ditandai dengan upacara dan kegiatan seremonial lainnya di Bangun Sari, Selasa kemarin.

Program yang dilakukan rencananya meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik antara lain peningkatan jalan poros desa, perbaikan SD Negeri Desa Bangun Sari, serta pekerjaan sarana air bersih.

Sedangkan kegiatan non fisik antara lain penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan stunting, penyuluhan hukum dan keamanan ketertiban masyarakat, kepramukaan, pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan, serta bakti sosial.

Baca juga: KPU Gunung Mas gelontorkan Rp3 miliar untuk honor KPPS

Efrensia berharap keberadaan program TMMD ke-199 akan membuat TNI semakin dekat dengan masyarakat, semakin menyatu dengan masyarakat, serta membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai kesulitan.

“Saya juga mengajak camat, lurah, kepala desa dan seluruh masyarakat Manuhing, untuk kita bersama-sama memelihara dan menjaga infrastruktur yang ada, demi menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Komandan Kodim 1016 Palangka Raya, Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat di Bangun Sari, Selasa (20/2), berharap masuknya program TMMD akan memberi dampak positif kepada masyarakat Bangun Sari dan sekitarnya, baik di bidang pendidikan, pertanian, perekonomian, dan lainnya.

Upacara pembukaan TMMD ke-119 di Bangun Sari juga dihadiri Kapolres Gunung Mas AKBP Theodorus Priyo Santosa, Kajari Gunung Mas Sahroni, Pabung Kodim 1016 Palangka Kabupaten Gunung Mas Letkol Inf Maksun Abadi, dan lainnya.

Baca juga: PT SLK komitmen tingkatkan peran membangun daerah hingga optimalkan K3

Baca juga: Bupati Gumas ingatkan PT ATA perlakukan kebun plasma seperti kebun inti

Baca juga: Sejumlah PPK di Gumas jadwalkan pleno mulai besok