Disdik Palangka Raya terus berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan

id Disdik Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng ,Jayani ,Sekretaris Disdik Palangka Raya Aprae Vico Ranan

Disdik Palangka Raya terus berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan di setiap sekolah yang ada di daerah setempat.

Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Jayani di Palangka Raya, Rabu, mengatakan upaya pemerataan pendidikan yang dilakukan tidak hanya terfokus kepada kawasan perkotaan saja, melainkan hingga ke pelosok kota.

"Pemerintah setempat berkomitmen akan melakukan pemerataan pendidikan tentunya melalui Disdik setempat dan kami juga mendukung dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)," kata Jayani.

Ia menuturkan, berbagai langkah nyata juga terus dilakukan disdik sehingga diharapkan sekolah-sekolah di Kota Palangka Raya maju dan berkembang. Apalagi, Kota Palangka Raya selama ini menjadi barometer kualitas dan kuantitas pendidikan di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu.

"Saya sampaikan berbagai upaya yang telah dilaksanakan terkait peningkatan akses mutu pendidikan, diantaranya melalui peningkatan sarana prasarana maupun peningkatan operasional. Termasuk pelatihan bagi peserta tenaga pengajar di setiap sekolah," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tekan kemiskinan ekstrem melalui IKM

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, tambah mantan Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya itu, peningkatan kapasitas guru dan kualitas sekolah menjadi sebuah keharusan.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan, dimulai dari peningkatan sumber daya manusia. Kapasitas guru harus ditingkatkan, kemudian kualitas sekolah harus merata. Setiap kecamatan harus ada sekolah yang berkualitas.

"Komitmen meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu prioritas Pemkot Palangka Raya demi semakin meningkatnya mutu pendidikan. Kualitas yang telah ada sudah sangat bagus, namun bukan hanya sekadar kami pertahankan, namun harus ditingkatkan agar mampu bersaing di level nasional bahkan internasional," demikian Jayani.

Di lokasi berbeda, Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan mengungkapkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, peningkatan kapasitas guru dan kualitas sekolah menjadi sebuah keharusan.

"Dalam meningkatkan mutu pendidikan, dimulai dari peningkatan SDM. Kapasitas guru harus ditingkatkan, selanjutnya kualitas sekolah harus merata. Bahkan setiap kecamatan harus ada sekolah yang berkualitas," demikian Aprae Vico Ranan.

Baca juga: Bulog pastikan stok beras di Kalteng cukup memenuhi kebutuhan selama Ramadhan

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Orang tua berperan penting dalam mendidik anak

Baca juga: Petugas kesehatan periksa penyelenggara ad hoc di Palangka Raya