Pelajar di Palangka Raya diingatkan jaga kesehatan selama Ramadhan

id Disdik Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Ramadhan ,Kadisdik Palangka Raya Jayani

Pelajar di Palangka Raya diingatkan jaga kesehatan selama Ramadhan

Peserta didik di Palangka Raya melaksanakan proses belajar belajar pertama di Bulan Suci Ramadhan, Senin (18/3/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengingatkan para pelajar di daerah setempat agar selalu menjaga kesehatan saat melaksanakan proses belajar mengajar, selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah.

Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Jayani di Palangka Raya, Senin, mengatakan tenaga pendidik, pelajar, kepala sekolah maupun lainnya terkait pendidikan harus bisa menjaga kesehatan selama Ramadhan, terlebih jika sembari melaksanakan puasa saat proses belajar mengajar dilaksanakan.

"Saya meminta para pelajar, tenaga pendidik serta kepala sekolah agar selalu menjaga kesehatan sehingga dengan membiasakan menjaga pola makan agar tetap bugar," kata Jayani.

Baca juga: Disdik ingatkan pelajar di Palangka Raya tak balap liar di libur Ramadhan

Jayani menuturkan, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan ibadah dan juga tantangan, terutama bagi siswa dan siswi di sekolah yang harus menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

"Maka itu diharapkan dalam menjalankan ibadah puasa, para pelajar harus tetap menjaga kesehatan agar dapat tetap beraktivitas dan belajar dengan optimal," katanya.

Dia mengungkapkan, untuk mendapatkan hal tersebut diingatkan untuk pilihan menu makanan yang seimbang dan bergizi sangat penting dalam menjaga kesehatan selama berpuasa.

Baca juga: Disdik Palangka Raya ingatkan peserta didik waspadai bahaya banjir

Para pelajar disarankan untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

"Tentunya hindari makanan yang terlalu pedas atau manis karena dapat memicu dehidrasi dan gangguan pencernaan," ucapnya.

Ditambahkan orang nomor satu di lingkup Disdik Kota Palangka Raya itu, mereka juga disarankan untuk minum air yang cukup selama sahur dan berbuka puasa. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh terasa lemas.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Perhatikan fasilitas pendidikan terdampak banjir

"Disarankan untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi," demikian Jayani.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pada hari ini para pelajar di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Palangka Raya sudah mulai aktif turun setelah melaksanakan libur awal Ramadhan selama beberapa hari.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Satuan pendidikan harus patuh aturan libur Ramadhan

Baca juga: Libur awal puasa Ramadhan dari TK,SD dan SMP di Palangka Raya

Baca juga: Libur Khusus Puasa bagi SMA/SMK/SLB hingga cuti bersama di Kalteng

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta satuan pendidikan cegah kekerasan di sekolah