Bulog Kalteng nyatakan ketersediaan gula dan minyak goreng aman hadapi HBKN

id bulog kalteng, hbkn, budi cahyanto, minyak goreng, gula, pangan strategis, ramadhan, idul fitri, kalimantan tengah

Bulog Kalteng nyatakan ketersediaan gula dan minyak goreng aman hadapi HBKN

Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalimantan Tengah, Budi Cahyanto. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Bulog Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan ketersediaan komoditas pangan strategis seperti gula pasir maupun minyak goreng dalam kondisi aman menghadapi momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Ramadhan 1445 Hijriah maupun Hari Raya Idul Fitri.
 
"Komoditas yang juga menjadi perhatian kami selain beras, di antaranya gula pasir maupun minyak goreng. Semuanya dalam kondisi aman," terang Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalimantan Tengah, Budi Cahyanto di Palangka Raya, Selasa.

Budi menyampaikan, pasokan dan ketersediaan terus pihaknya perhatikan serta berupaya mencukupi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kalimantan Tengah. Untuk gula pasir, saat ini stok yang pihaknya miliki mencapai hingga 2.000 ton yang tersebar di gudang Bulog pada seluruh kabupaten dan kota.
 
"Khusus untuk wilayah Kota Palangka Raya ketersediaan mencapai 250 ton. Kalau mengacu kebutuhan masyarakat yakni per kapita sekitar 15 kilogram, maka ketahanan stok saat ini sekitar 1,5 bulan," jelasnya.

Baca juga: Berbagi berkah Ramadhan bersama masyarakat Kalteng
 
Maka dengan ketahanan tersebut dapat dipastikan kebutuhan masyarakat hingga Hari Raya Idul Fitri mampu tercukupi. Selain itu pihaknya juga akan kembali melakukan penambahan stok apabila memang diperlukan.
 
Sementara itu untuk minyak goreng saat ini Bulog Kalimantan Tengah memiliki ketersediaan mencapai sekitar 110 ribu liter yang juga tersebar di gudang pada berbagai kabupaten dan kota.
 
"Terlebih untuk minyak goreng distributornya untuk wilayah Kalimantan Tengah cukup banyak, baik di Sampit dan lainnya, maka untuk komoditas ini saya rasa aman-aman saja," ucapnya.

Baca juga: Berikut alokasi bantuan beras Pemprov Kalteng untuk DAS Barito

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu penuhi kebutuhan pangan masyarakat saat Ramadhan

Baca juga: Kementerian Pertanian alokasikan 81 ribu hektare optimalisasi lahan rawa di Kalteng

Baca juga: Tak hanya fasilitasi UMKM, Pemprov Kalteng juga beri pendampingan pada Ramadhan Festival