Berikut alokasi bantuan beras Pemprov Kalteng untuk DAS Barito

id pemprov kalteng, sekda nuryakin, bantuan beras, ramadhan, kalteng, kalimantan tengah

Berikut alokasi bantuan beras Pemprov Kalteng untuk DAS Barito

Sekda Kalteng Nuryakin secara simbolis menyerahkan bantuan beras kepada masyarakat di Murung Raya, Minggu (17/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengalokasikan bantuan pangan untuk warga di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito  sebanyak 280 ton beras pada bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.
 
"Keinginan Pak Gubernur Sugianto Sabran adalah supaya inflasi yang selama ini terjadi akibat kenaikan bahan pokok bisa kita minimalkan. Sebab biasanya mendekati hari besar keagamaan harga beras mengalami kenaikan," kata Sekda Kalteng Nuryakin dihubungi dari Palangka Raya, Senin.
 
Warga DAS Barito di wilayah Kalimantan Tengah meliputi empat kabupaten, yakni Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan.
 
Adapun 280 ton bantuan beras tersebut, yakni untuk Murung Raya sebanyak 100 ton, Barito Utara 100 ton, Barito Timur 30 ton, serta Barito Selatan 50 ton.
 
Pemprov Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan sosial dengan tajuk Berbagi Berkah Bulan Ramadhan di antaranya dengan mekanisme pasar murah. Yakni untuk setiap penerima dialokasikan 10 kilogram beras yang memiliki nilai Rp175 ribu dan setelah disubsidi hanya menjadi Rp20 ribu.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu penuhi kebutuhan pangan masyarakat saat Ramadhan

Selain pasar murah dan pasar penyeimbang, khusus daerah terdampak banjir diberikan secara gratis kepada warga terdampak.
 
"Semoga melalui kegiatan ini bisa meringankan beban yang selama ini dirasakan masyarakat, terutama di bulan penuh berkah, kita bisa berbagi berkah," tutur Nuryakin.
 
Adapun pendistribusian bantuan kepada warga di DAS Barito ini, di antaranya yang telah tersalurkan yakni melalui tiga titik lokasi Kabupaten Murung Raya, meliputi halaman Masjid Agung Kecamatan Murung, halaman Balai Desa Mangkahui dan halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan.
 
Penjabat Bupati Murung Raya Hermon mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atas terselenggaranya pasar murah untuk masyarakat di daerahnya.
 
"Hal ini merupakan sesuatu yang menggembirakan kita semua di bulan penuh berkah ini, di tengah kondisi ekonomi saat ini," katanya.

Baca juga: Kementerian Pertanian alokasikan 81 ribu hektare optimalisasi lahan rawa di Kalteng

Baca juga: Bantu masyarakat, Pemprov Kalteng alokasikan beras 1.500 ton lebih

Baca juga: Pemkab Katingan-pemprov tingkatkan kolaborasi kendalikan inflasi