DPRD minta investor bisa ciptkan peluang kerja bagi putra daerah

id DPRD Mura

DPRD minta investor bisa ciptkan peluang kerja bagi putra daerah

Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah Doni. (Antara Foto/HO/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Ketua DPRD Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah Doni  berharap para investor yang masuk ke daerahnya memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya dan bagi warga Murung Raya umumnya.

Menurut Doni di Puruk Cahu, Kamis (21/3), kehadiran perusahaan, khususnya perusahaan besar harus  bisa bermanfaat bagi warga sekitar untuk bisa mendapatkan peluang kerja yang lebih baik dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kehadiran investor di suatu daerah harus membawa dampak positif kepada masyarakat, dan itu sangat diharapkan pemerintah," katanya.

Kehadiran investor tersebut tidak hanya membawa manfaat ekonomi langsung, tetapi juga menciptakan peluang kerja baru, Ketua DPRD Murung Raya Doni, SP. MSi meminta agar persoalan yang terjadi saat ini antara masyarakat dan pihak PT IMK tidak melebar dan berdampak kurang baik bagi investasi dan masyarakat itu sendiri.

Doni mengutarakan agar dalam pembebasan lahan mengedepankan solusi konkrit.

“Artinya tidak melepaskan hak masyarakat yang sudah lama disitu supaya ada solusi yang baik antara pemilik lahan dan PT IMK. Pandangan kami (legislatif) supaya dijalankan dengn baik agar semua berjalan dengan lancar,” beber politisi PDIP ini, Kamis (21/3/2024).

Selian itu, ia menekankan agar dalam pembebasan lahan dilakukan secara humanis, mesti terdapat silang pendapat antara PT IMK dan masyarakat.

“Ini penting dilakukan secara humanis, dinamis dan menghasilkan yang terbaik, jangan sampai ada konotasi kurang baik dalam pembebasan lahan,” tandas Doni.

Tidak hanya persoalan pembebasan lahan Doni juga meminta agar ada target kedepan mulai sekarang hingga januari 2025 ada rekrutmen karyawan khsusunya di wilayah Kecamatan Tanah Siang yang berdampak langsung terhadap kehadiran PT IMK di wilayahnya.