Polda Kalteng: Tiga ABK tewas, delapan masih hilang

id Polda Kalteng:Tiga ABK tewas, delapan masih hilang, kalteng, Palangka raya, barsel, buntok,tugboat terbakar

Polda Kalteng: Tiga ABK tewas, delapan masih hilang

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Erlan Munaji. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, pada hari kedua dari pasca tragedi terbakarnya tugboat Surya 03 dan kapal dagang Setia Baru 05, terdapat tiga orang meninggal dunia.

"Sementara yang masih dilakukan pencarian ada delapan anak buah kapal (ABK)," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, tiga orang yang meninggal dunia tersebut, yakni satu ABK kapal Setia Baru 05 berinisial A dan dua ABK tugboat Surya 03 yang ditemukan meninggal.

Dua ABK tugboat Surya 03 yang meninggal dunia tersebut, ditemukan meninggal terbakar di bagian atas kanan tugboat.

"Jadi setelah dilakukan pendinginan terhadap kapal yang terbakar tersebut, kami berhasil menemukan dua jasad ABK di atas kapal tugboat," ucapnya.

Sedangkan, lanjut Erlan mengungkapkan, anak buah kapal dagang Setia Baru 05 berinisial A yang sempat diselamatkan warga, dinyatakan meninggal dunia usai mendapatkan perawatan medis di RSUD Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur, pada Senin (13/5/2024) sekitar pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Ledakan kapal di Barsel, sebagian rumah warga terguncang

Saat ini, pihaknya tengah melakukan pencarian terhadap delapan anak buah kapal yang masih hilang, yakni terdiri dari enam orang ABK tugboat Surya 03 dan dua ABK kapal dagang Setia Baru 05.

"Kami tim gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, dan masyarakat sekitar mencari korban yang masih belum ditemukan, mudahan segera ditemukan," ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan penyebab terbakarnya dua kapal tersebut, sebab tim gabungan dari Polda Kalimantan Tengah, Polres Barito Selatan dan Basarnas Kota Palangka Raya masih melakukan penyelidikan, termasuk meminta keterangan para saksi.

Baca juga: Satu korban kebakaran tugboat meninggal dunia di RSUD Tamiang Layang

Sementara itu korban lainnya yang saat ini masih dilakukan perawatan medis di rumah sakit Desa Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur juga belum dapat memberikan keterangan.

"Saat ini masih proses penyelidikan, nanti akan kita update lebih lanjut hasil penyelidikan tim gabungan," demikian Erlan Munaji.

Baca juga: Polda Kalteng kerahkan tim pencarian 10 korban tugboat terbakar di Barsel

Baca juga: Tiga ABK korban tugboat terbakar di Barsel alami luka bakar