Bagnaia rebut kemenangan di MotoGP Catalunya

id Francesco Bagnaia,pembalap,ducati lenovo,juara,motogp,catalunya

Bagnaia rebut kemenangan di MotoGP Catalunya

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia (tengah) bersama pembalap Pramac Racing Jorge Martin dan pembalap Gresini Marc Marquez (kanan) merayakan kemenangan di podium usai menyelesaikan MotoGP Catalunya 2024 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (26/5/2024). Bagnaia menjuarai MotoGP Catalunya, disusul Jorge Martin di podium kedua dan pembalap tuan rumah Marc Marquez di podium ketiga. ANTARA FOTO/REUTERS/Bruna Casas/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia keluar sebagai juara MotoGP Catalunya 2024 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu, setelah memenangi duel dengan pembalap Prima Pramac Jorge Martin.

Bagnaia pada balapan utama dengan 24 lap ini, membalaskan kesalahannya sendiri yang keluar dari Sprint, Sabtu (25/5), dengan tangan kosong setelah terjatuh pada lap terakhir tikungan lima ketika ia memimpin balapan.

Kali ini, sang juara bertahan melewati tikungan lima dengan mulus dan menggunakan tikungan yang kemarin menurutnya “licin” sebagai jalur mengambil alih posisi pertama dari Martin pada lap 19.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Minggu, pembalap yang akrab disapa Pecco itu mengatakan sangat senang akhirnya dapat meraih kemenangan di GP Catalunya setelah hasil Sprint membuatnya merasa “sangat marah”.

Bagnaia yang sempat tertinggal 0,8 detik dari Martin, melewati garis finis di posisi pertama dengan jarak 1,740 detik atas pembalap asal Spanyol itu.

Sementara itu, Marc Marquez yang start dari P14, kembali back to back podium dalam dua seri terakhir, baik di Sprint dan balapan utama, setelah mengasapi Aleix Espargaro pada tikungan pertama lap 21 yang diakhiri selebrasi berdansa bersama penggemarnya di Catalunya.



Fabio Di Giannantonio melengkapi posisi lima besar, diikuti Raul Fernandez, Alex Marquez, Brad Binder, Fabio Quartararo, dan Miguel Oliveira di posisi 10 besar.

Kemenangan ini membawa Bagnaia kembali menghuni posisi kedua pada klasemen sementara setelah sempat diambil alih Marquez pada Sprint.

Bagnaia mengoleksi 116 poin, berjarak 39 poin dari Martin di posisi puncak, dan unggul dua poin atas Marquez.

Seri ketujuh MotoGP akan dimainkan satu pekan lagi pada akhir pekan ini, 31 Mei sampai 2 Juni di Sirkuit Mugello, Italia.