NasDem seleksi 14 nama bakal calon untuk Pilkada Kotim

id NasDemseleksi 14 nama bakal calonuntukPilkada Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada, politik

NasDem seleksi 14 nama bakal calon untuk Pilkada Kotim

Sekretaris DPD Partai Nasdem Kotim Tajudin Noor saat memberikan sambutan kepada salah satu tokoh yang mendaftar ke Tim Penjaringan Bakal Cabup dan Cawabup, Sabtu (25/5/2024). ANTARA/HO-Normansyah

Sampit (ANTARA) - DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mencatat total 14 nama yang mendaftar untuk mendapat dukungan sebagai calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) pada Pilkada Serentak 2024.

“Penjaringan bakal cabup dan cawabup sudah kami tutup Rabu kemarin, total ada 14 nama yang mendaftar ke NasDem untuk Pilkada 2024,” kata Sekretaris DPD Partai NasDem Kotim Tajudin Noor di Sampit, Jumat.

Setelah sempat diperpanjang, DPD Partai NasDem Kotim resmi menutup penjaringan bakal cabup dan cawabup pada 29 Mei 2024 lalu. Kurang lebih selama sebulan masa penjaringan cukup banyak tokoh yang meminta formulir pendaftaran, namun yang akhirnya betul-betul mendaftar ada 14 orang.

Tajudin pun membeberkan daftar nama tokoh yang mendaftar melalui Partai NasDem dan siap meramaikan bursa calon kepala daerah Kotim pada Pilkada 2024. Mulai dari politisi hingga pejabat di lingkungan Pemkab Kotim.

Mulai dari petahana Bupati Halikinnor yang mendaftar sebagai bakal cabup, lalu Wakil Bupati Irawati mendaftar bakal cabup maupun cawabup. Ketua Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka yang mendaftar melalui DPW Partai NasDem Kalteng mendaftar sebagai cabup.

Muhammad Rudini Darwan Ali mantan Wakil Ketua DPRD Kotim periode 2014-2019 mendaftar bakal cabup, tokoh masyarakat Sidi Ihsan Nur mendaftar bakal cabup, Sekda Fajrurrahman mendaftar bakal cabup maupun cawabup.

Tokoh agama Said Muhammad Al Habsyi atau yang biasa disapa Habib Ama mendaftar sebagai cabup, mantan Kades Ujung Pandaran Aswin Nur mendaftar bakal Cawabup, Machmoer mendaftar bakal cabup.

Baca juga: Bupati Kotim bantu peralatan operasional Panti Asuhan Annida Qolbu

Mantan DPRD Kotim dua periode Jhon Krisli mendaftar bakal Cabup maupun Cawabup dan terakhir Camat Parenggean Siyono mendaftar bakal cabup maupun cawabup. Politisi Gerindra Suprianti atau yang lebih dikenal dengan Bu Rambat mendaftar sebagai bakal cabup.

Politisi Partai Demokrat Selvia Sarah mendaftar bakal Cawabup dan mantan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kotim Samsudin mendaftar bakal calon cawabup.

Berdasarkan daftar tersebut hampir semua tokoh yang mengisi bursa calon kepala daerah Kotim mendaftarkan diri ke DPD Partai NasDem Kotim. Hal ini menunjukkan kredibilitas partai yang memiliki motto Gerakan Perubahan untuk Mewujudkan Restorasi Indonesia ini cukup tinggi.

“Kami cukup bangga, walaupun NasDem pada Pileg 2024 hanya dapat dua kursi, tapi peminatnya lumayan. Kami berterima kasih atas kepercayaan para calon yang sudah mendaftar ke Partai NasDem dan ini juga untuk meramaikan bursa pencalonan kita di Kotim,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai ketentuan yang berlaku DPD Partai NasDem Kotim hanya menampung dan memastikan kelengkapan berkas pendaftaran para calon, kemudian berkas tersebut diteruskan ke DPW Partai NasDem Kalteng untuk verifikasi lebih lanjut kemudian dikirim ke DPP Partai NasDem.

Saat ini, DPD Partai NasDem Kotim hanya bisa menunggu keputusan atau rekomendasi yang akan disampaikan DPP Partai NasDem.

“Untuk kepastian kapan hasil rekomendasinya keluar kami belum tau, karena itu ranahnya pusat atau DPP Partai Nasdem,” demikian Tajudin.

Baca juga: Kejati Kalteng tetapkan Ketua dan Bendahara KONI Kotim sebagai tersangka korupsi

Baca juga: Bupati Kotim salurkan bantuan ke lokasi kebakaran di panti asuhan

Baca juga: BPBD Kotim dan UPR susun rencana penanggulangan bencana