Ketua DPRD Barito Utara apresiasi pelatihan operator alat berat

id mery rukaini,ketua dprd,apresiasi,pelatihan operator alat berat,barito utara,kalteng

Ketua DPRD Barito Utara apresiasi pelatihan operator alat berat

Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini mengapresiasi dan mendukung pelatihan operator alat berat bagi pencari kerja di daerah setempat yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM setempat.

Pelatihan ini merupakan langkah nyata dalam upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan industri yang begitu pesat, di mana memiliki tenaga kerja yang terampil dan kompeten menjadi suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Untuk itu perlunya upaya dalam mengantisipasi kemungkinan akan potensi meningkatnya tingkat pengangguran di Barito Utara, yang salah satu penyebabnya adalah tenaga kerja berpendidikan dan berketerampilan rendah,” kata Mery Rukaini di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, Pemkab Barito Utara melalui Disnakertranskop UKM daerah setempat memberikan perhatian serius untuk menemukan solusi penanganan yang tepat. 

“Salah satunya adalah menyelenggarakan program pelatihan berbasis vokasi dan kompetensi, yakni salah satunya pelatihan operator alat berat ekskavator, dump truck, dan driver (sopir) light vehicle (LV),” kata dia lagi. 

Dia mengatakan, pelatihan alat berat ini sangat penting dilaksanakan guna membekali serta meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi para tenaga kerja di daerah ini, agar para tenaga kerja dapat siap bersaing dan mempunyai peluang besar terserap di dunia kerja.

“Sehingga nantinya mereka (tenaga kerja) mampu meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarganya. Dengan meningkatnya pendapatan dan pertumbuhan ekonomi hal ini akan memberikan dampak positif terhadap menurunnya tingkat inflasi daerah dan tingkat pengangguran serta kemiskinan di wilayah Barito Utara,” kata dia. 

Dirinya juga berharap kepada para peserta pelatihan untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan pelatihan tersebut dengan sungguh-sungguh, semangat dan disiplin. 

“Manfaatkan setiap sesi pelatihan untuk menggali ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para instruktur dan pengajar yang telah berpengalaman,” demikian Mery Rukaini. 

Pelatihan operator alat berat tersebut dibuka Pj Bupati Barito Utara  Muhlis dan dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM  Barito Utara, M Mastur, bekerja sama dengan LPK CV Kuat Perkasa Abadi Tanjung, Tabalong, diikuti sebanyak 48 peserta dari tiga jenis pelatihan yaitu operator alat berat ekskavator, dump truck dan sopir sarana LV.