Masyarakat diingatkan perhatikan kondisi tubuh menghadapi cuaca tak menentu

id dprd palangka raya, norhaini, menjaga kesehatan, pola konsumsi, olahraga teratur, palangkaraya

Masyarakat diingatkan perhatikan kondisi tubuh menghadapi cuaca tak menentu

Ilustrasi - Sejumlah pengendara motor melintas saat hujan mengguyur kota. ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/nym. (Antara Foto/Jessica Wuysang)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Norhaini meminta masyarakat agar dapat segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala sakit, salah satunya seperti demam tinggi.
 
"Karena kita ketahui sekarang ini cuaca tidak bisa diprediksi, siang hari terik matahari sangat panas menyengat, tetapi pada malam hari tiba-tiba terjadi hujan lebat disertai angin," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak menahan diri jika gejala penyakit yang dialami sudah menunjukkan indikasi parah.

Baca juga: Sekolah di Palangka Raya diminta perketat penerapan sistem zonasi dalam PPDB
 
Namun sebaliknya, jika gejala yang dialami masih cukup ringan masyarakat dapat mengonsumsi obat dan makan dengan teratur.
 
"Tidak lupa juga untuk istirahat, jangan dipaksakan untuk beraktivitas ketika tubuh sudah mulai drop," ucapnya.
 
Selain itu, lanjut srikandi partai Golkar ini meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat rutin mengonsumsi vitamin, makanan yang bergizi serta buah-buahan.

Baca juga: DPRD: Pembangunan drainase di Palangka Raya perlu sinergi pemerintah pusat dan provinsi
 
Pasalnya hal tersebut diyakini dapat membuat daya tahan tubuh semakin kuat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit di tengah cuaca tak menentu saat ini.
 
"Jangan lupa untuk berolahraga. Tidak apa-apa berolahraga yang ringan, yang terpenting tubuh ada bergerak dan berkeringat. Jangan hanya tidur malas-malasan saja di rumah," ujarnya.
 
Dirinya juga meminta masyarakat untuk memperhatikan lingkungan di sekitar permukiman benar-benar bersih dari sampah.
 
Sebab lingkungan yang bersih diyakini dapat mencegah terjadinya awal mula penyakit, salah satunya seperti mencegah nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak.
 
"Semoga dalam situasi seperti ini masyarakat kita semua tetap sehat dan tidak ada yang sakit, agar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar," demikian Norhaini.