Hari jadi ke-22 Gumas momentum perkuat persatuan dan kesatuan

id Ketua DPRD Gunung Mas, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar, DPRD Gunung Mas, Gunung Mas, gumas, kalteng

Hari jadi ke-22 Gumas momentum perkuat persatuan dan kesatuan

Pj Bupati Gumas Herson B Aden (kanan) menyerahkan potongan ‘panginan sukub simpan’ kepada Ketua DPRD Akerman Sahidar (tengah) dan Sekda Richard (kiri), usai apel hari jadi ke-22 kabupaten di Kuala Kurun, Jumat (21/6/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Akerman Sahidar berharap hari jadi ke-22 kabupaten setempat, dapat menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat di wilayah setempat.

Dengan semangat persaudaraan dan persatuan yang kokoh, diharap pembangunan di daerah setempat akan berjalan baik dan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, ucapnya usai upacara hari jadi ke-22 di Kuala Kurun, Jumat.

"Kita semua tanpa terkecuali harus bersatu membangun kabupaten yang kita cintai ini. Dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, saya yakin Gumas akan semakin maju dan berkembang," sambungnya.

Masyarakat dapat mendukung dengan cara menjaga suasana keamanan dan ketertiban. Sebab suasana keamanan dan ketertiban yang kondusif merupakan modal utama bagi pemerintah untuk menjalankan pembangunan.

Lebih lanjut, sejauh ini sudah banyak capaian, keberhasilan, sekaligus kemajuan pembangunan di berbagai bidang yang telah dirasakan oleh masyarakat bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

"Berbagai capaian dan keberhasilan hendaknya tidak membuat kita berpuas diri. Kita bahkan harus semakin terpacu untuk membangun Gumas," kata pria kelahiran Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat itu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kalteng mengapresiasi berbagai capaian keberhasilan dan kemajuan pembangunan Kabupaten Gunung Mas, yang pada 21 Juni 2024 ini memasuki usia 22 tahun.

Banyak capaian dan keberhasilan sekaligus kemajuan pembangunan di berbagai bidang yang telah dirasakan masyarakat, kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Edy Pratowo saat upacara hari jadi ke-22 Gumas di Kuala Kurun, Jumat.

Baca juga: Pemprov Kalteng apresiasi capaian pembangunan Gunung Mas di usia 22 tahun

"Hal itu terlihat dari target dan realisasi sampai akhir tahun 2023, tercatat Indeks Konektivitas Wilayah di Gumas sebesar 78,54, realisasi Rasio Rumah Layak Huni 91,79 persen," ucapnya.

Tak hanya itu, lanjut dirinya, Indeks Pembangunan Manusia 73,18, dan Indeks Kesehatan di angka 82, angka Prevalensi Stunting juga terus menurun dari 17,9 persen pada tahun 2022 menjadi 12,9 persen di tahun 2023.

Capaian-capaian tersebut pun didukung semakin baiknya pengelolaan keuangan daerah, yang salah satunya terlihat dari keberhasilan Pemkab Gumas meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada tahun anggaran 2023.

"Berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dicapai tentunya berkat kerja keras dan komitmen kuat, dari seluruh jajaran Pemkab Gumas, yang didukung penuh oleh para tokoh pendahulu dan pemangku kepentingan lainnya," demikian Edy.

Baca juga: Berpartisipasi di pameran Gumas 2024, Masyarakat antusias ingin mengenal lebih dekat PT SLK

Baca juga: FGKB DPRD Gumas soroti kerusakan Jalan Nyai Balau di Tewah

Baca juga: Legislator apresiasi program Mahasur SKCK Polres Gunung Mas