Kanwil Kemenkumham DKI ambil sumpah Jens Raven jadi WNI

id Jens Raven ,Kemenkumham DKI,pemain naturalisasi

Kanwil Kemenkumham DKI ambil sumpah Jens Raven jadi WNI

Proses engambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia kepada pemain sepak bola Tim Nasional Indonesia, Jens Raven di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/6/2024). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya memimpin pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia kepada pemain sepak bola Tim Nasional Indonesia, Jens Raven.
 
Pengambilan sumpah  dilakukan di Kantor Kemenkumham DKI Jakarta, Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis.
 
Andika mengatakan kewarganegaraan memiliki peran yang vital bagi keberlangsungan sebuah negara.
 
Oleh karena itu, hubungan antara warga negara dan negara sebagai institusi yang menaunginya memiliki aturan atau hubungan yang diatur dengan peraturan yang berlaku di negara tersebut.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI ambil sumpah Calvin Verdonk jadi WNI
 
Andika berharap Jens Raven bisa berkontribusi maksimal demi kemajuan sepak bola Indonesia.
 
"Jadilah, warga negara Indonesia (WNI) yang taat dan patuh akan aturan-aturan yang berlaku diantaranya menjaga harkat martabat bangsa Indonesia, menjaga nasionalisme, serta menjaga persatuan dan kesatuan tanah air Indonesia," ucapnya.
 
Setelah diambil sumpah, Jens Raven  langsung melakukan pengambilan foto untuk kartu identitas kependudukan (KTP).
Petugas tengah mengambil foto pemain sepak bola Jens Raven untuk pembuatan KTP usai pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
 
Sebelumnya, pemain sepak bola Calvin Ronald Verdonk juga resmi menjadi WNI setelah mengambil sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia pada Selasa (4/6).
 
DPR RI telah menyetujui permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia kepada pemain sepak bola asal Belanda Calvin Ronald Verdonk dan Jens Raven pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-19 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, Selasa (4/6).

Baca juga: Calvin Verdonk sudah resmi jadi WNI
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan dalam pembahasan sebelumnya di Komisi III dan Komisi X DPR telah menyetujui proses naturalisasi kedua atlet tersebut.
 
Dia mengatakan persetujuan kedua atlet menjadi warga negara Indonesia (WNI) tersebut akan ditindaklanjuti sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
 
Calvin Ronald Verdonk yang berusia 27 tahun merupakan pemain di Liga Utama Belanda (Eredivisie) yang memperkuat klub NEC Nijmegen dan berposisi sebagai pemain bertahan.
Sedangkan Jens Raven berusia 18 tahun memperkuat klub FC Dordrecht U 21 dan berposisi sebagai penyerang.