Kontingen Barut ikuti enam cabang olahraga seleksi Prapopnas Kalteng

id prapopnas barito utara,seleksi prapopnas,barut,barito utara,kalteng

Kontingen Barut ikuti enam cabang olahraga seleksi Prapopnas Kalteng

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyerahkan pataka lambang daerah kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Budparpora) setempat untuk dikibarkan pada Selekda Prapopnas tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Muara Teweh, Rabu (3/7/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 128 atlet termasuk pelatih dan ofisial Kabupaten Barito Utara, mengikuti seleksi daerah Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Prapopnas) tingkat Kalimantan Tengah 2024 memgkuti enam cabang olahraga di Palangka Raya.

"Saya berharap kepada seluruh atlet, ofisial dan pelatih dapat memperlihatkan kemampuan dan keahliannya secara maksimal dan mampu menjaga nama baik Kabupaten Barito Utara serta menjaga sportivitas dalam bertanding,” kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis melepas kontingen di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, olahraga merupakan sarana pembinaan karakter bangsa, yang tidak terbatas pada segi fisik saja, akan tetapi juga mental olahraga dapat menjadikan seseorang sebagai insan yang berprestasi, kreatif, berbudaya, menghargai cipta, karsa dan rasa. 

Hal ini,katanya,sejalan dengan visi dan misi pendidikan Barito Utara yaitu membentuk manusia yang berkarakter. Manusia indonesia seutuhnya yang beriman, bertakwa, cerdas, terampil dan pantang menyerah. 

Olahraga juga memiliki aspek pembangunan nama bangsa, yakni bahwa tinggi rendahnya kualitas olah raga akan turut menjadi cermin bagi penentuan sebuah martabat bangsa itu di tengah tengah pergaulan masyarakat dunia. 

"Itulah mengapa olahraga dianggap sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa," katanya.

Kepala Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati mengatakan pada seleksi Prapopnas tingkat Kalteng ini, Barito Utara mengkuti enam dari delapan cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Cabang lomba yang diikuti yaitu bola basket (di GOR Thamrin), bola voly (di GOR KONI), bulu tangkis (di GOR Pratama), sepak takraw (di Lapangan PPLPD), tinju (di sasana Pertina Kalteng) dan sepak bola (di Stadion Tuah Pahoe)," kata dia.

Kadis Budparpora juga mengharapkan kegiatan yang diikuti ini bermanfaat dan membawa kebaikan bagi Kabupaten Barito Utara dan kita semua. 

“Kami meminta dan memohon doa restu untuk kontingen Barito Utara dapat membawa harum nama daerah kita tercinta,” kata dia.