Kecamatan Antang Kalang tempati kantor baru untuk optimalkan pelayanan

id Kecamatan Antang Kalang tempati kantor baru untuk optimalkan pelayanan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, antang kalang

Kecamatan Antang Kalang tempati kantor baru untuk optimalkan pelayanan

Bupati Kotim Halikinnor, Camat Antang Kalang Sony dan masyarakat berfoto bersama saat peresmian gedung baru Kecamatan Antang Kalang, Selasa (16/7/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur,  Kalimantan Tengah kini memiliki kantor baru yang lebih representatif untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Kami sangat senang karena peresmian kantor ini dilakukan langsung oleh Pak Bupati. Meski masih ada yang perlu disempurnakan, kami segera pindah menempati kantor ini," kata Camat Antang Kalang, Sony saat acara peresmian, Selasa.

Kecamatan Antang Kalang berjarak sekitar 193 kilometer dengan waktu tempuh empat jam lebih dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur. Kini jalan menuju kecamatan terjauh di wilayah utara ini jauh lebih nyaman karena ruas jalan poros utara telah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Gedung baru kantor Kecamatan Antang Kalang dibangun dua lantai. Saat ini masih diperlukan penyelesaian seperti plafon dan keramik di lantai dua.

Sementara itu bangunan kantor lama berjarak hanya sekitar 200 meter. Sony mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menyerahkan bangunan kantor yang mereka tinggalkan tersebut agar selanjutnya bisa difungsikan menjadi puskesmas sehingga lebih representatif untuk pelayanan kepada masyarakat. 

Baca juga: Rute penerbangan Sampit-Surabaya ditiadakan sementara

Masyarakat pun menyambut gembira keberadaan kantor baru Kecamatan Antang Kalang. Apalagi Bupati Halikinnor hadir langsung dan berbaur bersama masyarakat saat peresmian kantor tersebut. 

"Kami masyarakat sangat senang dengan peresmian kantor ini. Mudah-mudahan ini menjadi sarana agar pembangunan Kecamatan Antang Kalang lebih maju lagi dan masyarakat semakin sejahtera. Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati kepada kami di Antang Kalang," kata Damang Kepala Adat Kecamatan Antang Kalang, Hermas Bintih.

Sementara itu kedatangan Bupati Halikinnor disambut upacara adat Dayak potong pantan. Halikinnor datang didampingi sejumlah kepala organisasi perangkat daerah yakni Kepala DPMPTSP  Diana Setiawan, Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi, Kepala DPMD Raihansyah, Kepala Dinas Sosial Hawianan, Kepala Dinas Bina Marga Mentana Dhinar Tistama.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pelantikan Saptomo menjadi Penjabat Kepala Desa Gunung Makmur. Saptomo menggantikan posisi kepala desa sebelumnya yaitu Kristanto yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Bupati Halikinnor menyampaikan komitmennya untuk terus membangun infrastruktur di Kecamatan Antang Kalang. Selain jalan, pihaknya terus memperjuangkan pembangunan jembatan, listrik, jaringan internet serta ekonomi produktif bagi masyarakat dengan melibatkan pihak swasta.

"Untuk bangunan kantor ini diperkirakan masih membutuhkan sekitar Rp1,5 miliar agar semua benar-benar lengkap, tentu ini akan menjadi perhatian prioritas kami. Saya juga berterima kasih atas dukungan dan kekompakan pemerintah kecamatan, damang, mantir, TNI, Polri dan masyarakat yang terus gencar membangun daerah ini," demikian Halikinnor. 

Baca juga: SDN 4 Ketapang bersama Satpol PP hadirkan inovasi 'Pacar Genit'

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan penambahan kuota LPG 3 kg melalui konversi mandiri

Baca juga: Pemkab Kotim upayakan penambahan kuota LPG 3 kg melalui konversi mandiri