PT Globalindo Alam Perkasa gelontorkan Rp100 juta bantu penanggulangan stunting di Kotawaringin Timur

id PT Globalindo Alam Perkasa gelontorkan anggaran Rp100 juta bantu penanggulangan stunting di Kotawaringin Timur, kalteng, Sampit, kotim, Globalindo Al

PT Globalindo Alam Perkasa gelontorkan Rp100 juta bantu penanggulangan stunting di Kotawaringin Timur

Manajemen PT Globalindo Alam Perkasa menyerahkan bantuan pengadaan makanan tambahan senilai Rp100 juta untuk pencegahan stunting dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Bagendang Tengah Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Rabu (7/8/2024). ANTARA/HO-PT GAP

Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Globalindo Alam Perkasa, menggelontorkan anggaran Rp100 juta untuk membantu pengadaan makanan tambahan (PMT) untuk penanggulangan stunting dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Penyerahan bantuan ini dilakukan pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Seperti diketahui, Kabupaten Kotawaringin Timur termasuk daerah dengan angka stunting cukup tinggi di Kalimantan Tengah. Hal ini juga menjadi perhatian PT Globalindo Alam Perkasa untuk turut berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya.

"Kami sangat serius membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Bantuan untuk pengadaan makanan tambahan ini salah satu upaya yang saat ini kami lakukan. Mudah-mudahan ini bermanfaat," kata Senior Estate Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Andhiko di Sampit.

PT Globalindo Alam Perkasa berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan. Untuk itu berbagai kegiatan pun didukung penuh demi peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.  
Senior Estate Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Andhiko didampingi Askep Humas Harlim Simamora menyerahkan bantuan makanan tambahan warga Desa Bagendang Tengah disaksikan camat, kepala desa dan tim kesehatan setempat, Rabu (7/8/2024). ANTARA/HO-PT GAP

Kali ini bantuan yang diberikan perusahaan di bawah naungan Musim Mas Group ini berupa pengadaan makanan tambahan (PMT) untuk posyandu balita, ibu hamil dan lansia di Desa Bagendang Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk percepatan layanan penanggulangan stanting dan kesehatan masyarakat.

Kepedulian itu diwujudkan dengan mengarahkan program "corporate social responsibility" (CSR) atau tanggung jawab perusahaan untuk pengadaan makanan tambahan. Upaya pemenuhan gizi ini diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi stunting pada anak, serta meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan lansia.

Untuk menyerahkan bantuan tersebut, Andhiko didampingi Askep Humas PT Globalindo Alam Perkasa Harlim Simamora langsung datang ke Desa Bagendang Tengah. Bantuan diserahkan kepada masyarakat Desa Bagendang Tengah dan Kepala Desa Bagendang Tengah, Untung Sukardi, yang juga disaksikan oleh Camat Mentaya Hilir Utara Muslih, Kepala Puskesmas Bagendang Fuji, Sekretaris Kecamatan Mentaya Hilir Utara Hasrul dan tim kesehatan Desa Bagendang Tengah. Masyarakat juga sangat antusias menerima bantuan ini.
Senior Estate Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Andhiko didampingi Askep Humas Harlim Simamora menyerahkan bantuan makanan tambahan warga Desa Bagendang Tengah disaksikan camat, kepala desa dan tim kesehatan setempat, Rabu (7/8/2024). ANTARA/HO-PT GAP

Camat Mentaya Hilir Utara, Muslih menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada PT Globalindo Alam Perkasa yang telah memberikan bantuan pengadaan makanan tambahan. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan. 

"Pemerintah sedang gencar menanggulangi stunting, tentu bantuan dari PT Globalindo Alam Perkasa ini sangat bermanfaat. Ini sejalan dengan upaya pemerintah, khususnya dalam hal penanganan stunting. Ini juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan lansia," kata Muslih.

Pemberian makanan tambahan sangat penting bagi kesehatan anak, ibu hamil dan lansia. Secara khusus, ini sangat diperlukan bagi penanggulangan stunting atau gagal tumbuh pada anak agar kebutuhan gizi terpenuhi sehingga anak terhindar dari penyakit gagal tumbuh tersebut.
Senior Estate Manager PT Globalindo Alam Perkasa, Andhiko didampingi Askep Humas Harlim Simamora bersama Camat Mentaya Hilir Utara, Muslih dan Kepala Desa Bagendang Tengah Untung Sukardi berfoto bersama usai penyerahan bantuan makanan tambahan dari pihak perusahaan kepada warga Desa Bagendang Tengah, Rabu (7/8/2024). ANTARA/HO-PT GAP

Lebih lanjut, Muslih mengapresiasi kepedulian yang ditunjukkan PT Globalindo Alam Perkasa terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Ini menunjukkan komitmen kuat perusahaan ini berkontribusi dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.  

Langkah yang dilakukan PT Globalindo Alam Perkasa bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya. Hal ini penting karena pemerintah memiliki keterbatasan, sehingga peran pihak swasta sangat diperlukan untuk membantu masyarakat, termasuk di bidang kesehatan.

"Kami berharap partisipasi kami ini dapat berdampak positif terhadap upaya bersama mencegah stunting dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. PT Globalindo Alam Perkasa akan terus berupaya membantu masyarakat di berbagai bidang, khususnya di desa-desa sekitar perusahaan," demikian Andhiko.

Baca juga: Peduli pendidikan, PT Globalindo Alam Perkasa berikan 228 paket seragam sekolah untuk murid di Dusun Rongkang

Baca juga: PT Globalindo Alam Perkasa bergerak cepat membantu korban banjir di Kotim

Baca juga: Safari Ramadhan PT Globalindo Alam Perkasa bagikan 550 paket sembako untuk masyarakat

Baca juga: PT Globalindo Alam Perkasa gelontorkan Rp375 juta bantu bangun perumahan guru dan bidan