DPMD Kapuas perkuat kinerja KPM tingkat desa dan kelurahan

id DPMD Kapuas perkuat kinerja KPM tingkat desa dan kelurahan, kalteng, kapuas

DPMD Kapuas perkuat kinerja KPM tingkat desa dan kelurahan

Rapat evaluasi kinerja KPM di tingkat desa dan kelurahan di Kabupaten Kapuas, Rabu (7/8/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan rapat evaluasi kinerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) di tingkat desa dan kelurahan di daerah setempat.

“Rapat evaluasi ini, sekaligus kita melakukan sosialisasi pembentukan KPM di 17 kelurahan,” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, usai memipin rapat tersebut di Aula Rujab Bupati Kapuas, Rabu.

Rapat ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan kinerja KPM dalam melaksanakan tugas mereka di masyarakat, sekaligus untuk memperbaiki dan mengoptimalkan program pembangunan manusia di wilayah tersebut.

Tugas utama KPM adalah melakukan interaksi dan menghimpun data untuk percepatan intervensi stunting di wilayah kabupaten setempat.

“Stunting kita pada tahun 2023 sudah menurun secara drastis di angka 16 persen. Target kita di tahun 2024 dalam angka 14 persen akan tercapai, salah satunya adalah melalui penguatan KPM kita, karena dari KPM inilah data-data yang diperlukan untuk intervensi stunting ini bisa maksimal,” katanya.

Baca juga: DPRD Kapuas dukung program peluncuran gerakan Kencana

Data yang dihimpun KPM ini nanti akan menjadi dasar di pemerintah daerah untuk menyusun kebijakan yang tepat dalam rangka intervensi stunting yang di masing-masing wilayah.

“Tentu ada perbedaan sesuai karakteristik masing-masing. Artinya kita perkuat KPM-nya, dan harapan kami dengan perkuatan ini KPM bisa bekerja maksimal dan bisa memberikan  kontribusi bagi pemerintah daerah dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kapuas,” harapnya.

Dalam rapat yang dihadiri dinas instansi terkait, para lurah di 17 kecamatan serta KPM desa ini, berbagai aspek kinerja KPM dibahas secara mendalam. Mulai dari pencapaian target program, tantangan yang dihadapi di lapangan, hingga strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

Rapat ini juga menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh KPM di desa dan kelurahan.

Pembentukan KPM di kelurahan ini diharapkan dapat memperkuat peran KPM dalam menggerakkan pembangunan manusia di tingkat kelurahan, serta mendukung program-program pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Seorang dokter spesialis THT di RSUD Kapuas diberi teguran tertulis

Baca juga: DPMD bahas penetapan lembaga kedamangan di Kapuas

Baca juga: Pj Bupati semangati para guru PPPK di Bataguh